Grebeg Suro 2022 Spektakuler Bergandeng Erat Bergerak Cepat

Ponorogo Hebat

Redaksi 83 Kali Dilihat 0 Komentar

Grebeg Suro 2022 Spektakuler  Bergandeng Erat Bergerak Cepat

Bupati dan wakil bupati Ponorogo

Ponorogo - beritaplus id | Grebeg Suro 2022 Spektakuler Bergandeng Erat Bergerak Cepat Ponorogo Hebat Usai 2 tahun vakum karena pandemi kovid 19, kembali masyarakat Ponorogo bisa menikmati suguhan pagelaran perhelatan akbar Grebeg Suro tahun 2022.

Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko secara resmi membuka pesta rakyat Grebeg Suro dengan aksi pecut Samandiman di Panggung Utama alun alun Ponorogo, Kamis, (21/7/2022).

IMG-20220722-WA0130

Pembukaan lebih spektakulernya lagi dengan kembang api warna warni suguhan tari reyog, dan tampilan budaya islami musik religi oleh Mustafa Debu yang diiringi 10 penari sufi.

Ketua panitia Grebeg Suro tahun 2022 Judha Slamet Sarwo Edi dalam sambutanya mengatakan, penyelenggaraan rangkaian kegiatan Grebeg Suro menjadi momentum dan semangat gotong royong menggerakan roda ekonomi setelah terdampak pandemi covid 19.

“Selain jadi ajang promosi dan pelestarian budaya, perayaan Grebeg Suro untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi,”jelas Judha.

Kata Judha, meski pertama digelar setelah pandemi, istimewanya lagi Grebeg Suro tahun ini memiliki 52 kegiatan.

“Ini terbanyak sepanjang sejarah Grebeg Suro,”sebut Judha disertai applaus penonton malam itu.

Dia menyebut akan masuk memecahkan rekor MURI ada 2022 penari Bujang Ganong dan penari Sufi, 307 reyog, dari seluruh desa dan kelurahan yang bakal mengelilingi segi empat emas jalan Ponorogo.

Dalam perayaan Grebeg Suro tahun ini, kata Judha, ada Festival Reog Mini XVIII (FRM), Festival Nasional Reog Ponorogo XXVII (FNRP) yang diikuti 27 peserta, serta Peringatan Hari Jadi ke 526 Kabupaten Ponorogo.

Dalam sambutanya Bupati Ponorogo mengatakan, konsep pagelaran Grebeg Suro tahun 2022 ini perpaduan antara tradisi budaya yang adiluhung dengan nuansa religius dari Pondok Pesantren.

“Kami dikarunia Alloh SWT leluhur yang luar biasa, alam yang luar biasa, kami harus menerjemahkan ke dalam pembangunan ke depan sehingga perpaduan santri dan budaya kami racik menjadi orchestra peradaban yang mudah mudahan menjadikan Ponorogo yang lebih arif bijak dan bermartabat,”ucap Bupati Giri.

Mengambil tema “Bergandeng Erat Bergerak Cepat Ponorogo Hebat” Bupati mengaku senang karena usai 2 tahun terhimpit pandemi covid 19 sekarang bisa menggelar perayaan Grebeg Suro.

“Kami masih banyak kekurangan, kami mohon maaf sebesar besarnya kepada masyarakat Ponorogo dan semuanya yang hadir barangkali ada kekurangan kecil kecil mohon dimaklumi karena mepetnya waktu. Yang kedua terima kasih atas antusiasnya mudah mudahan Grebeg Suro tahun ini bisa membawa berkah, bisa membawa pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik, seni budaya maju kerukunan, dan bergandengan erat seperti tema yang kami dengungkan. Kepada teman teman media terima kasih atas rawuhnya pada malam hari ini mudah mudahan kita bisa kerja sama dalam memajukan Ponorogo ini,”pungkasnya.(aw)

Tinggalkan Komentar