Ngobrol Inspirasi (Ngopi) bersama Grub Whatshapp IKA LMDH

Oleh : Adib direktur KMPS

Redaksi 237 Kali Dilihat 0 Komentar

Ngobrol Inspirasi (Ngopi) bersama Grub Whatshapp IKA LMDH

Adib Direktur Koperasi Masyarakat Perhutanan Sosial ( KMPS)

Banyumas - beritaplus.id | Beberapa waktu yang lalu, seorang sahabat pegiat hutan Jawa yang juga sebagai ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan Tani Maju di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur mengajak saya untuk bergabung di sebuah grup Whatsaap yang bernama Ikatan Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (IKA LMDH).

FB_IMG_16584152497172521

Dz. H. Fajar Ketua LMDH Tani Maju Ngrayun Ponorogo 

IKA LMDH adalah grup yang beranggotakan ketua ketua LMDH dari berbagai kabupaten dalam wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, sebagai media untuk membangun silaturrahmi, tukar menukar informasi, berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola LMDH sebagai lembaga masyarakat yang sudah 20 tahun menjadi mitra Pemerintah dan Perhutani dalam mengelola hutan Jawa.

IMG-20220724-WA0072

Logo Ika LMDH

Prinsip dasar "kesetaraan" sebagai sesama ketua LMDH, menempatkan setiap anggota grup adalah pribadi yang belajar sekaligus sebagai sumber belajar bagi anggota grup lainnya. Tidak ada yang berkedudukan lebih tinggi. Semua menempatkan diri pada posisi yang sama dan setara. Sama-sama ketua LMDH.

Admin grup bersifat memfasilitasi dan melayani anggota grup. Setiap ada anggota grup yang baru, Admin selalu menyapa dengan hangat dan menjelaskan secara singkat maksud dan tujuan grup di buat.

IMG-20220724-WA0090

Sudarlim ketua LMDH Wono Lestari kec. Merak urak Tuban

Yang menarik dari grup WA ini adalah setiap bulan admin grup akan menyampaikan jurnal percakapan dan isu-isu menarik dari ribuan obrolan anggota.

Ketika ada obrolan yang yang menyimpang i tujuan grup, dengan lembut sang admin mengingatkan kepada semua anggota grup untuk kembali kepada maksud dan tujuan bahwa grup ini dibuat untuk merekat silaturrahmi.

"Kita fokus pada kerja kerja nyata LMDH. Biarlah orang orang di luar sana menstigma apapun juga tentang LMDH. Karena LMDH tak melambung ketika di sanjung, tak akan pernah membenci siapapun meskipun kerap kali di caci. LMDH adalah kita yang sehari hari bergumul dengan tanah dan tanaman. Kita berpihak hanya kepada kesejahteraan masyarakat dan kelestarian hutan".

IMG_20220724_235726

Sudarno ketua LMDH Adil sejahtera Puncu Kediri

Salut dan hormat saya kepada inisiator dan admin grup, Kang DH Fajar, yang dengan telaten memfasilitasi obrolan kawan-kawan. Juga kepada Kang Darno Kediri yang celotehannya sering menggelitik. Kang Darlim dari Tuban yang senantiasa mengingatkan pentingnya persatuan, persaudaraan dan perasaan senasib sepenanggungan. Kang M Ali Baharudin ketua Yayasan Pecinta Alam Acarina Indonesia , ASN yang peduli pada pemberdayaan masyarakat dan kelestarian hutan.

IMG-20220725-WA0001

M Ali Baharudin ketua Yayasan Pecinta Alam Acarina Indonesia saat diskusi dengan Sudarlim di kediamannya Tuban

Jugabanyak kawan-kawan yang membuat grup IKA LMDH benar-benar menginspirasi. Semoga Tuhan Yang Pengasih dan Penyayang segera mempertemukan Anggota Grup IKA LMDH untuk  menyatukan hati dan bersama-sama  meneguk nikmatnya secangkir Tarzan Coffe di bawah pohon jati.

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Ngobrol Inspirasi (Ngopi) bersama IKA LMDH",(tayang ulang Dzul/adib)

Tinggalkan Komentar