HUT ke 76 SMPN ZAPO Gelar Wayang Kulit dan Peluncuran Buku Dalang Cilik

Redaksi 66 Kali Dilihat 0 Komentar

HUT ke 76 SMPN ZAPO Gelar Wayang Kulit dan Peluncuran Buku Dalang Cilik

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bersama Kepsek Imam Mujahid saat peluncuran buku Dalang Cilik

Ponorogo - beritaplus.id | Peringatan hari jadi ke 76 SMP Negeri 1 Ponorogo tahun ini sangatlah istimewa. Selain mempersembahkan pergelaran wayang kulit juga diluncurkannya dokumentasi kegiatan ekstra kurikuler dalam sebuah buku berjudul Dalang Cilik. 

Pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Tantut Sutanto mengambil lakon Sayemboro Slogohimo bertempat di halaman sekolah, Sabtu (6/8/2022). 

IMG-20220809-WA0102

Bupati Ponorogo Kang sugiri Sancoko, sekretaris dinas pendidikan Imam Muhlisin, dan beberapa pejabat Pemkab Ponorogo berkenan hadir menyaksikan pagelaran wayang tiap lima tahun sekali ini.

Kepala sekolah SMPN 1 Ponorogo Drs. Imam Mujahid, M.A mengucapkan Alhamdulillah kegiatan pementasan wayang kulit semalam suntuk berjalan dengan baik, lancar sukses.

Sebelum acara inti dimulai didahului pementasan dalang bocah Assegaf tampil untuk membuka acara.

Jam 9 acara seremonial wayang dimulai bersama Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, dalang Ki Tantut Sutanto dari Klaten dan duo Princes yaitu Aprilia dan Mamik Sleng yang menghibur masyarakat.

Menurut Imam, sebelum acara dimulai, kita meluncurkan buku Dalang Cilik.

Yang mana di SMPN 1 Ponorogo sudah lahir sekitar 15 dalang cilik yang dari awal sampai sekarang ini.

“Naskah naskah yang sudah ditampilkan kita bukukan, kita jadikan semacam karya tulis kita buat diskripsi yang baik lalu ada intisari dari lakon per lakon. Disitu ada nilai karakter yang dibangun. Ketika orang membaca sinopsis dari wayang itu akan menemukan karakter karakter yang dibangun,”ujarnya. 

Dengan adanya buku ini, Imam berharap mudah mudahan generasi muda millenial tertarik yang mana sekarang adanya dalang cilik ini malah digemari generasi milenial. 

“Sebagai penerus nenek moyang dalam melestarikan budaya jawa yang sangat adiluhung diteruskan sampai anak anak beraksi dan berkreasi di dalam wayang kulit ini.

Juga dalam rangka untuk menumbuh kembangkan bangunan karakter lewat petuah petuah yang ada di lakon itu,”paparnya. 

Atas kesyukuran usia yang ke 76 SMPN 1 Ponorogo tahun 2022 dengan menorehkan banyak prestasi dan melahirkan generasi yang sangat berguna di masyarakat, negara, bahkan manca negara. Yang kedua 250 prestasi yang luar biasa baik prestasi akademik maupun non akademik. 

“Akhir ini mendapatkan kejuaraan teater di Jawa Timur mewakili Ponorogo menjadi duta di Malang dalam rangka Hari Anak Nasional dan cipta karya seni pelajar dan menjadi juara umum,”akunya.

Di tempat yang sama, Kang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko sangat bangga dengan mengapresiasi terhadap kegiatan dan inovasi di SMPN 1 Ponorogo yang selama ini terdepan dalam imtaq dan iptek.

“Selamat dan sukses HUT SMPN 1 Ponorogo dan mendoakan agar SMPN 1 Ponorogo tetap jaya menjadi pilihan masyarakat menjadi ikon pendidikan SMP di Ponorogo,”ucap Kang Giri.

Ke depan SMPN 1 harus terus maju di bidang akademik harus terdepan, dan kegiatan keagamaan maupun pendidikan karakter sehingga kita saat ini sudah mulai dengan program pendidikan tahfiz qur’an dan bagi agama yang lain juga lebih mendalami sesuai dengan agamanya masing masing. 

“Terdepan dalam imtaq dan terdepan dalam iptek akan terwujud nanti. Dan muaranya akan menjadi generasi emas dengan kecerdasan akademik, otak, hati serta akhlakul kharimah dan ketrampilan yang memadai,"pungkasnya. (aw)

Tinggalkan Komentar