x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Tingkatkan Iman dan Taqwa SMPN 4 Gelar Pesantren Ramadhan

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Rabu, 29 Mar 2023 03:23 WIB

Ponorogo-beritaplus.id | Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT di bulan ramadhan tahun 1444 H/2023 M ini sekolah yang dipimpin Winarti, M.Pd mengadakan pesantren ramadhan yang diikuti peserta siswa sisiwi kelas 7,8, dan 9.

Saat ditemui di ruang kerjanya, kepala sekolah SMPN 4 Winarti, M.Pd menjelaskan, untuk tahun ini ada 2 paket khusus kelas 7 dan 8 selama 3 hari di Pondok Modern Arrisalah Program Internasional. Dan paket kedua khusus kelas 9 pondok ramadhan di sekolah.

“Khusus kelas 7 dan 8 yang berada di pondok Arrisalah dengan mondok disana mulai hari sabtu 25-26-27. Kita berharap selama mukim anak anak bisa meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT, belajar hidup ala pondok. Untuk kelas 9 kerjasama dengan yayasan yatim mandiri,” kata Winarti usai pembukaan pondok ramadhan khusus kelas 9 di sekolah Senin (27/3/2023).

Isitmewanya lagi pondok ramadhan khusus kelas 9 ini dikemas dalam versi lain selain meningkatkan kaimanan dan ketaqwaan juga melalui dongeng oleh Kak Ucon pendongeng nasional.

Nampak para siswa sangat tertarik sekali dan mendengarkan apa yang disampaikan Kak Ucon melalui donengnya membawa kisah Nabi.

“Jadi tujuan sama, kemasannya saja yang berbeda. Dengan dakwah melalui dongeng juga bisa lebih focus pada isi materi, contohnya cerita dongeng para Nabi. Materi seputar ramadhan, adab terhadap orang tua, kepada guru dan lain sebagainya,”jelasnya.

Winarti mengaku sanngat bangga dengan adanya pondok ramadhan tahun ini. ke depannya pihaknya akan selenggarakan lagi.

“Kepada panitia pesantren ramadhan, ustad dan ustadah pondok modern Arrisalah kami ucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini,”ungkapnya.

Senada disampaikan Muhammad Badri guru agama SMPN 4, tujuan pondok ramadhan ini dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT selama bulan ramadhan.

“Paket pertama kelas 7 dan 8 di pondok pesantren Arrisalah selama 3 hari. Selama mondok anak anak tidak diperbolehkan pulang, tidak boleh membawa hp, sehingga kita berharap anak anak akan terbiasa dengan situasi pondok termasuk sholat tahajud, taraweh, sehingga bisa latihan mandiri terbentuk akhlakul kharimah usai pulang dari pondok. Yang kedua kelas 9 di sekolah kerjasama dengan yayasan yatim mandiri,”terang Badri.

Sementara Wakasek Kesiswaan Munif berharap di momen ramadhan anak anak punya dan tambah wawasan masalah keagamaan.

“Selain meningkat ketaqwaan dan keimanan juga bertambah adab, sopan santun ada perubahan perilaku anak anak,”harapnya.(aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Minggu, 25 Feb 2024 21:45 WIB | Peristiwa
Gresik - beritaplus.id | Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) akan menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, di salah satu Villa ...
Minggu, 25 Feb 2024 18:15 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo-beritaplus.id | Usai Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo di Korem 081/DSJ Jumat, (23/02/2024), dilanjut acara Tradisi ...
Minggu, 25 Feb 2024 16:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Atas keprihatinan dan kepedulian TP PKK Kelurahan Kertosari kepada remaja, di pertengahan tahun 2023 dibentuk Proaksi ...