x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Lestarikan Budaya Dunia, Wayang Karton, Alternatif Wayang Murah

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Selasa, 25 Apr 2023 08:16 WIB

Surabaya-beritaplus.id | Wayang telah disahkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia, patut bangga banyak budaya indonesia telah dikenal dunia. Ada banyak jenis budaya wayang di negri kita, wayang golek, wayang orang, wayang kulit, dan masih banyak jenis-jenis wayang modifikasi atau kontenporer.

Wayang kulit menjadi jenis wayang yang paling populer, dan tidak murah juga harga wayang kulit dipasaran. Eko Sudarmaji (56) pengerajin wayang di Surabaya ini mengakali harga wayang kulit yang relatif mahal menjadi murah.

Sudarmaji yang akrab disapa Darmaji wayang ini membuat wayang dari karton yang hasil dan keawetannya tidak kalah dengan wayang kulit.

"Saya produksi wayang karton ini berawal dari kesukaan sejak kecil dengan wayang, ditambah lagi saya memang pingin buat wayang murah agar anak-anak mampu membelinya, budaya wayang supaya regenerasi terus tidak sampai punah" Tutur Darmaji Wayang.

Sayangnya pemasarannya masih dengan cara dijajakan keliling karena belum melek teknologi.

"Saya masih akan belajar cara jual online, tapi alhamdulilah ada beberapa dalang jawa tengah yang sering beli kesaya mas" Ujar Darmaji lagi.

Munculnya wayang karton menjadi hawa segar untuk pecinta wayang berkantong pas-pasan, bisa coba melirik karya Darmaji wayang selain hasil bagus juga dijamin garansi jika ada kerusakan.(bw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Minggu, 25 Feb 2024 21:45 WIB | Peristiwa
Gresik - beritaplus.id | Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) akan menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, di salah satu Villa ...
Minggu, 25 Feb 2024 18:15 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo-beritaplus.id | Usai Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo di Korem 081/DSJ Jumat, (23/02/2024), dilanjut acara Tradisi ...
Minggu, 25 Feb 2024 16:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Atas keprihatinan dan kepedulian TP PKK Kelurahan Kertosari kepada remaja, di pertengahan tahun 2023 dibentuk Proaksi ...