x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Pasukan Berkuda SMPN 1 Sawoo Meriahkan Karnaval HUT RI ke 78

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Selasa, 22 Agu 2023 07:47 WIB

Ponorogo - beritaplus.id | Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sawoo bersama komite dan wali murid berkomitmen memajukan sekolah dari berbagai bidang baik akademis maupun non akademis menjadi satu tiga pilar pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang lebih maju.

Salah satunya adalah selalu ikut berpartisipasi mengikuti kegiatan karnaval peringatan Hari Ulang Tahun ke 78 Republik Indonesia tahun 2023 di kecamatan Sawo Sabtu (19/8/2023)

Tak tanggung tanggung, sekolah yang dipimpin Sutrisno ini menampilkan pasukan berkuda yang ring iringan mengambil start dari depan kecamatan lama hingga finis depan kecamatan baru.

Peserta SMPN 1 Sawoo Maskotnya ada 8 , mascot untuk masing-masing tema atau masing-masing sub tema dari berbagai macam suku adat carnival seperti di Jember. Yang paling depan pasukan pengibar bendera berkuda, pasukan tari saman, pasukan baju adat, dan pasukan tari reog.

“Luar biasanya lagi pasukan berkuda yang berjumlah 10 kudanya didatangkan dari Sarangan langsung dibelakangnya nanti ada temanya Nusantara dari berbagai pakaian adat yang ada di Indonesia kita ambil sebagaian baju adat kemudian kita juga memberikan tari sufi yang selama ini lagi ngetrend,”kata Kepala Sekolah SMPN 1 Sawo, Sutrisno S.Pd, M.Pd pada wartawan.

Sutrisno berharap, sekolah itu tidak hanya pengetahuan saja, anak-anak kita wadahi bahwasannya disekolah juga ada ketrampilan, sikap dan kompetensi-kompetensi yang lain kita kembangkan.“Untuk saat ini sudah mulai terlihat prestasi-prestasi anak sini tidak kalah dengan anak-anak di kota,”sebutnya.

Lebih lanjut Kepala sekolah SMPN 1 Sawoo Sutrisno, S.Pd, M.Pd menjelaskan karnaval yang diusung kali ini adalah Nusantara Merdeka Berkarya. “Jadi kita mengambil tema nusantara dengan berbagai suku bangsa di Indonesia adat istiadat dan sebagainya, kemudian dengan semangat satu dan kesatuan membuat karya memberi kelebihan yang lebih maju,”jelas Sutrisno.

Setelah melalui seleksi yang ketat, siswa yang mengikuti acara ini dari kelas VII, VIII, dan IX. “Kita seleksi karena biaya juga lumayan mahal disamping hal itu juga dari sekolah dana dari pihak orang tua atau wali murid juga kami libatkan untuk menanggung biaya-biaya sebagainya,”katanya.

Masih menurut Sutrisno, sekolah punya semboyan SPINZA Mesra Bersama mu, yang artinya SMP 1 Sawoo bersama sekolah dan masyarakat dan orang tua murid itu menjadi satu dalam tiga pilar pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang lebih maju.

“Alhamdulillah respon dari pihak wali murid sangat mendukung acara ini bahkan menjadi bahan rebutan sehingga kami dari pihak sekolah memberi batasan, karena biaya. Meski orang tua bisa mengcover tetapi dari pihak sekolah terbatas yan nantinya fivety-fivety, semakin banyak yang ikut sekolah juga banyak mengeluarkan dana,”jlentrehnya.

Pihaknya merasa sangat senang sekali dengan adanya acara ini. “Diucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada wali murid atas dukungannya yang nantinya akan kita wujudkan kita sampaikan pada saat PLENO. Mudah-mudahan SMP Negeri 1 Sawoo lebih maju lagi,”pungkasnya. (aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...