x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Tugu IKSPI Kera Sakti Desa Pilangkenceng Berubah Jadi Tugu Kampung Silat

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Senin, 28 Agu 2023 12:08 WIB

Madiun-beritaplus.id | Tugu IKSPI Kera Sakti yang berada di Desa Pilangkenceng kini telah dirubah menjadi tugu dengan logo Kampung Pesilat Kabupaten Madiun.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolres Madiun, AKBP Anton Prasetyo saat menghadiri penggantian logo tugu IKSPI Kera Sakti di Desa Pilangkenceng Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun, Minggu kemarin (27/8).

"Menindak lanjuti keputusan Kesbangpol Jatim terkait Penertiban tugu bahwa tugu yang dibangun di fasilitas umum dapat menimbulkan/berpotensi menjadi konflik. Untuk itu tugu dengan logo perguruan ada yang di bongkar dan ada yang diubah menjadi logo Kampung Pesilat," jelasnya.

Selain Kapolres Madiun, kegiatan itu juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Madiun, Pejabat Utama Polres Madiun, Muspika Kecamatan Pilangkenceng, Ketua IKSPI Kera Sakti Cabang Madiun, Ketua Paguyuban Kampung Pesilat Kecamatan Pilangkenceng, serta perwakilan warga IKSPI Ranting Pilangkenceng.

Terkait kegiatan itu, AKBP Anton memberikan apresiasi kepada warga perguruan pencak silat IKSPI yang telah mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

"Kami mewakili Pemerintah Kab. Madiun dan TNI - Polri mengapresiasi atas kesadaran warga perguruan silat yang mau patuh dan tertib terhadap aturan untuk melakukan pembongkaran tugu logo perguruan silat," ucapnya.

Ia juga menyampaikan dari 707 tugu perguruan silat di wilayah Kabupaten Madiun, hanya 57 yang berada di fasilitas pribadi dan sisanya berada di fasilitas umum.

"Dengan melakukan penertiban tugu perguruan silat yang ada di wilayah Kabupaten Madiun akan mengurangi atau menghilangkan potensi konflik antar perguruan silat," harapnya.

Disamping itu Ketua IKSPI Cabang Madiun, Heri Susanto mengatakan Perguruan IKSPI Cabang Madiun akan patuh dan tertib terhadap aturan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah.

"Diharapkan dengan bergantinya logo tugu dapat menjadikan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Madiun, pungkas Heri.(mrt)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Minggu, 25 Feb 2024 21:45 WIB | Peristiwa
Gresik - beritaplus.id | Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) akan menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, di salah satu Villa ...
Minggu, 25 Feb 2024 18:15 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo-beritaplus.id | Usai Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo di Korem 081/DSJ Jumat, (23/02/2024), dilanjut acara Tradisi ...
Minggu, 25 Feb 2024 16:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Atas keprihatinan dan kepedulian TP PKK Kelurahan Kertosari kepada remaja, di pertengahan tahun 2023 dibentuk Proaksi ...