x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Peringati Hantaru Ke-63, BPN Ponorogo Gelar Upacara Dengan Bupati

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Selasa, 26 Sep 2023 10:42 WIB

Ponorogo-beritaplus.id | Dalam rangka memperingati Hantaru ke 63 BPN Ponorogo menggelar upacara sekaligus memberikan penghargaan Senin (25/9/2023).

Upacara Hantaru yang mengambil tema kinerja dan kolaborasi untuk indonesia maju diikuti seluruh pegawai BPN Ponorogo dan dihadiri oleh Bupati Ponorogo, Sekda, Dandim, Kapolres. Kalapas, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Pengadilan Negeri dan Kakan Kemenag Ponorogo.

Bertindak sebagai pembina upacara yaitu Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang juga membacakan pidato Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala Badan Pertanahan Nasional.

“Dalam rangkaian upacara ini, dilaksanakan penyerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI untuk pegawai BPN Ponorogo yang telah mengabdi selama 10 hingga 30 tahun, penyerahan sertifikat aset pemda untuk Kodim 0802, penyerahan aset pemda untuk kantor BPN (perluasan). Selain itu, dilaksanakan juga penyerahan penghargaan desa terbaik program PTSL desa Mrayan,” ujar Arinaldi melalui keterangannya saat press conference dengan jurnalis, Senin (25/9/2023).

Istimewanya dalam Hantaru tahun ini dalam upaya melakukan peningkatan pelayanan di bidang pertanahan Kementerian ATR/BPN membuat terobosan baru dengan diluncurkannya digitalisasi sertifikat tanah.

Menurut Arinaldi diluncurkannya digitalisasi sertifikat tanah dimaksudkan salah satunya untuk mencegah penyalah gunaan data.

“Kita sekarang kementerian ATR/BPN sedang berbenah terutama untuk validasi data data pertanahan. Kita mulai pendataan tanah untuk aset aset pemerintah termasuk punya kementerian ATR/BPN dan direncanakan seluruh aset pemda, aset BPN dimulai dengan didatakan dalam bentuk sertifikat elektronik,”kata Arinaldi.

Dengan sertifkat elektronik ini kata Arinaldi dapat melindungi pemiliknya dalam penyalah gunaan data pertanahan.

“Sekarang kita sedang mengembangkan cyber terkait dengan data pertanahan. Di mulai dari aset pemda sampai dengan 2024 awal sudah semua layanan digital dan semua produk dari sertifkat itu sudah sertifikat elektronik,”sebutnya.

Arinaldi menambahkan dari awal kita baru 3 kita coba punya kementerian ATR/BPN kemudian aset pemda 513 yang akan kita keluarkan di akhir tahun ini menjadi sertifikat elektronik.

Di tempat yang sama Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengucapkan selamat Hari Hantaru ke 63 Kementerian ATR/BPN.

“Semoga dengan momentum peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang kali ini, kita dapat mewujudkan pelayanan yang terbaik untuk Indonesia khususnya warga Ponorogo, sesuai dengan tema Hantaru tahun ini yaitu kinerja dan kolaborasi untuk Indonesia maju,”kata Kang Giri.

Seusai upacara, dilakukan pemotongan tumpeng, dilanjutkan dengan donor darah di aula BPN Ponorogo, (aw).

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Minggu, 25 Feb 2024 21:45 WIB | Peristiwa
Gresik - beritaplus.id | Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) akan menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, di salah satu Villa ...
Minggu, 25 Feb 2024 18:15 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo-beritaplus.id | Usai Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo di Korem 081/DSJ Jumat, (23/02/2024), dilanjut acara Tradisi ...
Minggu, 25 Feb 2024 16:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Atas keprihatinan dan kepedulian TP PKK Kelurahan Kertosari kepada remaja, di pertengahan tahun 2023 dibentuk Proaksi ...