x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Sukses Perkemahan Three Days Camp SMKN 2 Ponorogo Dihadiri Bupati

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Senin, 16 Okt 2023 08:54 WIB

Ponorogo - beritaplus.id | Kegiatan siswa kelas X perkemahan pramuka dalam rangka penerimaan tamu ambalan pangkalan Cut Nya’ Dien SMKN 2 Ponorogo berjalan sukses dan lancar.

Sebanyak 555 peserta 6 jurusan siswa kelas X mengikuti perkemahan di lapangan desa Ngraket Balong Ponorogo selama 3 hari mulai hari Jum’at hingga Minggu tanggal 13 s/d 15 Oktober 2023.

Luar biasanya lagi pada malam penutupan selain pementasan bakat dan minat, Bupati Ponorogo juga berkenan hadir menyaksikan malam penutupan bahkan ikut bernyanyi bersama anak anak.

Farida Hanim Handayani, S.Pd, M.Pd kepala sekolah SMKN 2 Ponorogo mengatakan malam ini kegiatannya adalah sebenarnya PTA (penerimaan tamu dewan ambalan) yang dikemas tridisem. “Kenapa tridisem, karena kegiatannya dilaksanakan dalam waktu 3 hari,”kata Farida. 

Sebagai agenda tahunan menurut Farida kegiatan ini sangat bagus memberikan penanaman karakter positif dan soskil pada anak anak, sebagai jiwanya Pramuka anak anak harus memiliki jiwa kepimpinan, cinta tanah air, menjadi pribadi yang kuat, bersemangat, jujur, disiplin dan tanggung jawab. 

“Pokonya berfikir secara positif dengan mengikuti kegiatan lomba, kegiatan yang cinta lingkungan bahkan pada Min ggu paginya ada gerakan semut memungut sampah-sampah yang ada disekitar lapangan ini,”jelasnya.

Tak hanya itu sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan ada kegiatan pemanfaatan limbah atau daur dari ulang sampah. Diperagakan juga ada peragakan busana fashion show yang semuanya bahanya itu dari limbah.

“Yang ditampilkan busana - busana fashion dari daur ulang itu juga salah satu bentuk pemanfaatan barang yang sudah tidak dipakai dianggap sampah menjadi produk yang baru yang mempunyai nilai kualitas tinggi. Itu semua dimaksud anak itu betul betul bisa memanfaatkan sampah imenjadi barang produk baru yang kualitasnya bagus,”jelasnya.

Masih kata Farida, banyak yang di ajarkan di pramuka ada jelajah lingkungan, pentas seni ini untuk mengeksplorasi potensi - potensi anak masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler.

“Luar biasa anak anak ternyata punya potensi yang sangat luar biasa ini harus dikembangkan, harus diberi wadah untuk anak anak berkreasi,”tandasnya.

Oleh karena itu Farida minta dukungan pada orang tua, support orang tua, jadi kalau ada kegiatan-kegiatan di sekolah untuk ikut mendorong aktif dan jangan sampai melarang anak anak untuk tidak ikut.

“Harus ikut, karena di sini itu luar biasa anak yang misalnya manja dilatih untuk tidak menjadi manja, anak yang tidak mandiri dilatih untuk menjadikan dirinya mandiri,”ujarnya tegas.

Dengan hadirnya Bupati Sugiri Sancoko di tengah tengah acara TDC, Farida mengaku sangat bangga dan mengucapkan terima kasih Bupati. Juga disampaikan terima kasih kepada kakak pembina dan masyarakat desa ngraket.

“Beliau hadir ditengah kesibukannya sangat luar biasa masih bisa datang ke acara TDC SMK Negeri 2 Ponorogo itukan salah satu bentuk perhatian beliau pada SMK negeri 2 Ponorogo kami merasakan bahwa beliau sangat support selama ini kepada kami dan mungkin juga kepada sekolah sekolah yang lain,”ungkap Farifa bangga.

Di tempat yang sama Bupati Kang Giri menyampaikan pesan untuk anak anak supaya anak anak menikmati betul suasana atau kegiatan TDC ini. 

“Karena di sini anak anak tidak akan mendapatkan sesuatu yang sia sia tetapi anak anak akan mendapatkan sesuatu yang sangat bermanfaat baginya kelak supaya happy tidak merasa terpaksa mengikuti kegiatan ini. Luar biasa,”pungkasnya. (aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Minggu, 25 Feb 2024 21:45 WIB | Peristiwa
Gresik - beritaplus.id | Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) akan menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, di salah satu Villa ...
Minggu, 25 Feb 2024 18:15 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo-beritaplus.id | Usai Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo di Korem 081/DSJ Jumat, (23/02/2024), dilanjut acara Tradisi ...
Minggu, 25 Feb 2024 16:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Atas keprihatinan dan kepedulian TP PKK Kelurahan Kertosari kepada remaja, di pertengahan tahun 2023 dibentuk Proaksi ...