x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Bangkitkan Geliat Menulis GPM Ponorogo Gelar Lomba

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Senin, 16 Okt 2023 09:10 WIB

Ponorogo-beritaplus.id | Geliat Ponorogo Menulis (GPM) sukses menggelar se rangkaian kegiatan yang pada babak final hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2023 dibanjiri peserta lomba bertempat di aula SMPN 2 Ponorogo.

“Luar biasa tidak menyangka antusias peserta ikut lomba lantaran untuk tahun ini peserta lomba diikutkan juga dari SMA, SMK, MA,”kata Nurlaila Djadjuli ketua panitia lomba GPM pada media BeritaPlus.id.

Ela menambahkan, hari ini kita mendatangkan 20 peserta terbaik dalam lomba pidato bagi siswa SD, MI, SMP, MTs dan artikel untuk siswa SMA, SMK, MA.

“Dari perlomba 20 yang terbaik nanti kita ambil 10 terbaik. Sedangkan lomba vlog tingkat SMP, MTS, SMA sederajat juga kita umumkan 10 besarnya. Tetapi tidak diadakan ujian penampilan hanya diambil 10 besarnya. Sedangkan juara 1 sd 10 akan diumumkan Bupati Ponorogo tanggal 25 Oktober 2023 di SMAN 2 Ponorogo,”tambah Ela (panggilan akran Nurlaila).

Peserta lomba pidato dari SD 44 anak dari 29 sekolah, SMP 112 anak dari 57 sekolah, MTs 53 tim dari 34 sekolah, SMA MA SMK ada 18 tim dari 13 sekolah, artikel SMA MA SMK 44 tim dari 22 sekolah.

“Hasilnya sangat menggembirakan bagi kami penyelenggara karena betul betul bagus,”ujarnya.

Ela menegaskan, GPM Ponorogo sudah mengadakan kegiatan seperti ini yang ke 3 kalinya. Tahun 2023 pada peringatan ulang tahun ke4 GPM mengajak soswa SMA/SMK/MA dalamm lomba penyusunan artikel dan juga pembuatan Vlog.

“Ada hal yang istimewa pada lomba Vlog yang semula hanya memilih 10 juara karena luar biasa kami tambahkan 2 kategori yang pertama video vlog terfavorit dan kedua vidio vlog konten terkreatif. Anak anak benar benar kreatif untuk membuat vido vlognya hasilnya sangat bagus,”tandasnya.

Menurut Ela, setiap tahun kegiatan tidak sama. Tahun 2021 diadakan cipta puisi yang dilombakan karena pandemi lewat online dengan jumlah 1000 peserta.

“Bahkan ada yang mengajak untuk tahun depan bisa diadakan lagi tidak hanya artikel tapi juga dalam bentuk essay,”sebut Ela.

Senada disampaikan Hj.Yuli Dwi Astuti, S.Pd, M.Pd ketua Geliat Ponorogo Menulis (GPM ) menjelaskan bahwa GPM baru seumur jagung yang berdiri 4 tahun yang lalu.

“Alhamdulillah sudah 3 tahun ini GPM menyelenggarakan kegiatan secara rutin dalam rangka memperingati bulan bahasa. Untuk tahun 2023 ada lomba 3 jenis pidato, vlog, dan artikel. Puncak acaranya nanti pembagian hadiah dan pameran sekolah,”ungkapnya.

Menurut Yuli tujuan kita dibentuknya GPM ini ingin menggiatkan masyarakat untuk lebih bijak dalam berliterasi baik tulis, angka, kecakapan, maupun digital.

“Tahun ini mengambil sub tema kearifan lokal. Anggota GPM yang semula guru karena anggota berkembang maka akhirnya kita ganti Geliat yang semula Guru,”jlentrehnya.

Sebagai ketua GPM Ponorogo Yuli mengucapkan terima kasih kepada semua anggota dan pengurus GPM yang telah meluangkan waktu untuk bersama di kegiatan GPM.

“Mudah mudahan ke depan kita GPM terus maju dan berkembang menggiatkan literasi,”pungkasnya (aw).

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...