x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Meriah Pagelaran Budaya Djoyonegoro Kecamatan Slahung

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Senin, 20 Nov 2023 07:35 WIB

Ponorogo-beritaplus.id | Dalam rangka melestarikan dan nguri nguri budaya jawa yang adiluhung kecamatan Slahung menggelar pagelaran budaya Djoyonegoro. Beberapa rangkaian kegiatan sebagai agenda budaya tahunan kembali digelar pada tahun 2023.

Dimulai hari Senin 13 Nopember pentas reyog di lapangan desa Nailan didukung 7 desa di wilayah Slahung utara yaitu Desa Mojopitu, Gundik, Nailan, Janti, Ngilo Ilo, Gombang, Crabak, dilanjutkan pentas campursari pada malam harinya.

Tanggal 14 Nopember penyelenggaraan pentas seni gajah gajahan bertempat di balai desa Galak didukung 8 desa wilayah kecamatan Slahung tengah yaitu desa Jebeng, Galak, Truneng, Duri, Kambeng, Plancungan, Simo, dan Ngloning pada malam harinya dilanjutkan acara pengajian di lapangan desa Galak.

Tanggal 15 Nopember diselenggarakan acara campursari di balai desa Slahung didukung oleh desa wilayah bagian selatan kecamatan Slahung yaitu desa Wates, Senepo, Tugurejo, Slahung, Broto dan Menggare. Dilanjutkan bedol pusoko dari makam KRT Djoyonegoro ke Pendopo Kecamatan Slahung.

Puncak peringatan acara dilaksanakan hari Sabtu 16 Nopember berupa pawai budaya yang diikuti sekolah, desa dan umum se kecamatan Slahung. Camat Slahung Toni Kristiawan S.STP, M.Si memberangkatkan pawai budaya dari lapangan desa Galak menuju finish depan pendopo kecamatan Slahung.

Acara dilanjutkan kirab pusaka yang diikuti camat, forkopimcam, dan kepala dinas/instansi serta kepala desa se kecamatan Slahung beserta istri.

Masyarakat begitu antusias menyaksikan kirab pusaka yang disambut gelaran reyog Sargulo Mudo Taruno.

Apalagi Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko turut hadir bersama warga di lapangan desa Slahung mampu menghibur masyarakat yang menyaksikannya.

Sebagai penutup akan diselenggarakan istighosah dan pengajian 18 Nopember di lapangan desa Slahung. Camat Slahung ketua penyelenggara budaya Djoyonegoro tahun 2023 menjelaskan, dengan kegiatan pagelaran budaya Djoyonegoro ini untuk nguri nguri budaya dan mengembangkan seni budaya lokal.

“Juga untuk memberikan ruang kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan perputaran ekonomi yang ada di kecamatan Slahung. Karena dalam setiap kegiatan yang telah dilaksanakan didukung oleh pameran UMKM dari seluruh desa dan warga masyarakat,”ucapnya Toni Khristiawan mengaku bangga.

Alhamdulillah kegiatan kirab budaya DJoyonegoro kabupaten Gadingrejo (Ponorogo selatan) berjalan dengan baik, sukses, lancar.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Bapak Bupati Sugiri Sancoko bisa menyempatkan hadir di tengah tengah warga Slahung,”tuturnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dapat kita laksanakan setiap tahun menambah semarak kecamatan Slahung dapat memberikan manfaat yang sebesar besarnya kepada seluruh masyarakat kecamatan Slahung.

“Tak lupa juga kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu penyelengaraan kegiatan pagelaran budaya DJoyonegoro hingga terlaksana dengan baik. Mudah mudahan acara ini dapat menambah persatuan dan kesatuan masyarakat Slahung,”tandasnya.

Di tempat yang sama Bupati mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah tiap tahun menyelanggarakan ini.

“Keren dan luar biasa. Mudah mudahan ke depan kita lanjutkan ekonomi tumbuh sehingga kerukunan terjaga dengan baik,”papar Bupati.

Kang Giri berharap di tahun politik ini masyarakat desa Slahung dan sekitarnya bisa menjaga persatuan dan kesatuan sehingga terjalin kerukunan dan ketentraman kenyamanan dalam bermasyarakat.(aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...