x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

HAB ke 78 Kemenag Ponorogo Gelar Jalan Sehat Kerukunan

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Rabu, 22 Nov 2023 16:32 WIB

Ponorogo-beritaplus.id | Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko didampingi Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ponorogo Dr. H. Moh. Nurul Huda,M.Pd melepas ribuan peserta jalan sehat kerukunan memperingati Hari Amal Bakti ke 78 Kementerian Agama RI Rabu (22/11/2023).

Jalan sehat kerukunan yang diikuti sekitar 1000 peserta dari beberapa unsur mengambil start dari halaman kantor Kemenag Ponorogo menyusuri jalan Juanda, Jeruksing, jalan Menur, Jalan Suromenggolo, dan finish di halaman Kemenag.

Kakan Kemenag Ponorogo Dr. H. Moh. Nurul Huda,M.Pd mengatakan jalan santai kerukunan umat beragama ini adalah perwujudan carnival moderasi beragama.

“Karena rumah besar kita adalah kementerian agama rumah besar agama seluruh agama yang ada di Indonesia khususnya di Ponorogo. Maka hari ini kita berjalan bersama dengan jalan kerukunan umat beragama,”kata Huda.

Hal ini menurut Huda, menunjukan kepada seluruh masyarakat bahwa Ponorogo itu adalah walaupun mendekati pemilu adem, ayem dan tentrem tansah guyup rukun, harmonis dan hebat.

“Karena kita selalu berpegang pada take line kang Giri yaitu bergerak cepat menuju Ponorogo hebat sama dengan take line Kemenag KISKO Koordinasi Informasi Integrasi Sinkronisasi dan Kolaborasi kepada seluruh elemen masyarakat yang ada,”jlentrehnya.

Di tempat yang sama, Bupati Ponorogo mengucapkan selamat Hari Amal Bakti ke 78 Kemenag Ponorogo. Selain untuk kesegaran fisik, kegiatan ini juga menjadi momentum penting untuk memperkuat tali silaturahmi antar keluarga besar Kemenag Kabupaten Ponorogo.

“Dengan adanya jalan santai kerukunan ini kita membangun jembatan persaudaraan, mengukuhkan rasa persatuan dan mewujudkan kerukunan yang menjadi fondasi utama dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama,”Kata Kang Giri.

Sementara koordinator jalan sehat HAB eke 78 Kemenag Ponorogo Nyamiran,M.PdI menjelaskan untuk jalan santai semangat kita adalah menjadikan bumi reyog sebagai kota yang ramah, kota yang penuh toleransi.

“Sehingga kita mengusung tema kerukunan umat beragama harmonis, rukun, aman dan terkendali. Bergandeng erat untuk menuju kemenag dan Ponorogo yang hebat,”ungkap Nyamiran pada media Beritaplus.id.

Yang mengikuti jalan sehat kali ini peserta dari semua elemen atau unsur kemenag ponorogo pondok pesantren, madin, madrasah, forkopimda, perwakilan ormas keagamaan, fkub panitia menyediakan beberapa hadiah 2 hadiah umroh gratis, 17 voucher umroh senilai 5 juta rupiah, 2 voucher umroh 3 juta 500 rb rupiah.

Bahkan pihak panitia juga menyediakan hadiah dari rekanan kemenag BSI, BRI, MANDIRI, BANK JATIM, Sains Niaga, serta mitra kemenag yang lain.

Untuk memeriahkan jalan sehat selain ada penampilan musik dangdut juga ada 2 madrasah yang tampil menghibur peserta jalan sehat yaitu 2 group drum band MTsN 5 Pulosari dan drum band MTs Al Mukarom Somoroto Kauman.

“Sebagai apresiasi kita kasih 9 hadiah secara langsung tanpa diundi kepada masing masing mayoret,”jelasnya.

Atas sukses dan lancarnya jalan sehat Nyamiran mengucapkan terima kasih kepada semua mitra rekanan dari kemenag serta pihak terkait yang guyup satu padu untuk mensukseskan mewujudkan madrasah atau kemenag hebat dan bermartabat.

“Sukses Alhamdulillah ini pesertanya lebih dari 10.000 luar biasa dan juga hadiahnya juga luar biasa lipat 2 kali dari tahun lalu,”pungkasnya. (aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Minggu, 25 Feb 2024 21:45 WIB | Peristiwa
Gresik - beritaplus.id | Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) akan menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, di salah satu Villa ...
Minggu, 25 Feb 2024 18:15 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo-beritaplus.id | Usai Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo di Korem 081/DSJ Jumat, (23/02/2024), dilanjut acara Tradisi ...
Minggu, 25 Feb 2024 16:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Atas keprihatinan dan kepedulian TP PKK Kelurahan Kertosari kepada remaja, di pertengahan tahun 2023 dibentuk Proaksi ...