x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Bupati Sugiri Sancoko Buka Gelar Pendidikan Dalam Budaya Nusantara

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Jumat, 24 Nov 2023 03:18 WIB

Ponorogo - beritaplus.id | Dinas pendidikan kabupaten ponorogo terus berupaya mewujudkan generasi yang hebat bisa mengaktualisasi potensi budaya di tiap anak didik.

Salah satunya dengan Gelar Pendidikan Dalam Budaya Nusantara yang dibuka Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko Kamis tanggal 23 Nopember 2023 di halamam Gedung Terpadu Ponorogo.

Menurut Dr. H.Nurhadi Hanuri, M.Pd Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo gelar pendidikan dalam budaya nusantara ini merupakan rangkaian Hari Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, dan Hari Guru Nasional.

“Gelar pendidikan dalam budaya nusantara ini berlangsung dari tanggal 23 hingga 25 Nopember dan diikuti seluruh SMP Negeri se Ponorogo dengan menampilkan berbagai karya siswa dan pameran pendidikan yang dikemas dalam budaya nusantara,”kata Nurhadi saat wawancara usai meninjau stand pamer mendampingi Bupati.

Menurut Nurhadi, tujuan giat ini memberikan pembelajaran bagi anak memberi karakter cinta budaya jangan sampai nanti generasi muda kita itu bukan menjadi pelopor untuk menjaga kelestariannya.

“Mulai dari sekarang kita menciptakan sekolah sekolah harus menanamkan nilai nilai itu pada anak anak kita. Sehingga nanti ke depan mereka tidak akan pernah melupakan budayanya,”jelasnya.

Selanjutnya, untuk menciptakan kreatifitas anak anak mendukung dimana anak anak ke depan memiliki potensi yang luar biasa. 

“Sehingga akan bisa menghasilkan karya karena P5 dalam kurikulum hukumnya wajib. Setiap siswa harus mengajukan karya menunujukan bahwa pembelajaran sukses. Nah ini ditunjukan dengan pameran ini,”tandasnya.

Yang tak kalah pentingnya menurut Nurhadi juga diberi kesempatan untuk lomba yang bisa memfasilitasi anak untuk menunjukan potensi diri siswa. 

Di tempat yang sama, Kang Giri Bupati Ponorogo mengaku ingin budaya itu menjadi andalan artinya karakter Ponorogo harus moncer diantara yang lain. 

“SDMnya bagus, intelektualitasnya bagus, tapi dia harus kental dengan budaya Ponorogo. Nah ini saya dorong terus pada pak kepala dinas untuk menyelenggarakan bagaimana seni budaya dijadikan muatan lokal disetiap sekolah termasuk nanti saya buatkan perbup tentang reyog SD sudah ada muatan lokal reyog Ponorogo,”jlentrehnya.

Bupati menyebut ke depan ini menjadi transmisi budaya tidak hanya sekedar dipelajari di sekolah tapi menjadi bentuk transmisi budaya. Sehingga budaya sampai sekarang tidak pernah mati. (aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...