x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

SMPN 1 Ponorogo Borong Prestasi Terbanyak Di Gelar Pendidikan

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Selasa, 28 Nov 2023 08:49 WIB

Ponorogo-beritaplus.id | Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo menginisiasi Gelar Pendidikan Dalam Budaya Nusantara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, dan Hari Guru Nasional.

Gelar pendidikan dalam budaya nusantara ini diikuti oleh seluruh SMP Negeri se kabupaten Ponorogo mulai tanggal 23 hingga 25 November 2023.

Istimewanya lagi Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko membuka secara langsung dan menyerahkan penghargaan kepada sejumlah guru dan pemberian penghargaan kepada para pelajar berprestasi.

Salah asatunya SMPN 1 Ponorogo yang menerima penghargaan dari Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang mampu menorehkan prestasi dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Prestasi literasi dan pentas PAI terbanyak sepanjang 2023 ini.

Acara gelar pendidikan dalam budaya nusantara yang berlangsung selama 3 hari tersebut mendapat apresiasi dari beberapa peserta dan guru.

Imam Mujahid Kepala SMPN 1 Ponorogo mengungkapkan, bahwa gelar pendidikan sukses, artinya syiar pendidikan luar biasa, peserta didik termotivasi untuk berkarya dan berprestasi.

“Alhamdulillah giat dinas pendidikan yang baik yang perlu diteruskan lagi untuk tahun yang akan datang yang lebih besar lagi sehingga penampilannya lebih OK lagi. Lumayan sudah luar biasa walaupun perdana. Jadi kita dari sekolah punya semangat untuk mendukung, mengikuti, berprestasi, dalam rangka untuk syiar pendidikan Ponorogo lebih maju dan hebat.”kata Imam.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 1 Ponorogo Drs.Imam Mujahid, MA’ gelar pendidikan dalam budaya nusantara adalah even yang sangat bagus dalam pengembangan semangat pendidikan di Ponorogo ini utamanya.

Juga dalam rangka untuk mengoptimalkan masing masing sekolah dalam rangka mengapresiasi semangat budaya dan semangat pendidikan.

“Sebagai ajang peserta untuk menampilkan kreatifitas serta kebolehan yang ada di ajang itu. Gelar budaya untuk menguji, mengukur kemampuan dari masing masing lembaga ini setelah kita bertemu di sekolah ternyata kita punya kelebihan dan kekurangan maka kekurangan bisa menjadi pelajaran gambaran untuk ke depannya,”tuturnya.

Disisi lain lanjut Imam menyemarakan pendidikan di Ponorogo menuju Ponorogo hebat dan sektor pendidikan juga harus hebat yang diawali dari sekolah sekolah dinas pendidikan dan masyarakat sendiri.

“Alhamdulillah berkat kerja keras dan tidak kenal lelah dari warga SMPN 1 Ponorogo bisa menghasilkan yang luar biasa,” ucapnya.

Menurut Imam perjalanan ini sudah disiapkan sejak lama yang dilakukan di sekolah di bidang P-5 dan literasi dengan membuat buku baik dari peserta didiik, guru, kepala sekolah, bahkan ada alumni yang memliki karya berupa buku sebagai karya monumental.

Akhirnya, kita bersyukur lanjut Imam, setelah ada event ini kita bisa menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita punya karya literasi yang banyak yang bisa menjadi motivasi dan pelajaran bagi peserta didik semua.

Dengan rendah hati Imam Mujahid yang juga Ustad ini menegaskan walaupun memborong piala dan penghargaan yang paling banyak, dibidang OSN, O2SN,FLS2N, Pentas PAI serta stand dan kegiatan di Pameran Pendidikan, kita tidak menepuk dada (sombong), kita memiliki semboyan ; “ prestasi bukan untuk menyombongkan diri, tetapi prestasi untuk menjadi motivasi dan disyukuri”,.

“Kita harus terus bergerak dan berinovasi baik dalam bidang akademik dan non akademik terutama literasi digital harus dipersiapakan untuk mengimbangi perkembangan jaman yang seperti ini,” tandasnya. (aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...