x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

PUSAKA : Markus Katagori Abuse of Power. Kapolres Harus Copot Kapolsek

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Minggu, 24 Mar 2024 13:28 WIB
Peristiwa
beritaplus.id leaderboard

Pasuruan-beritaplus.id | Kapolres Pasuruan harus copot Kapolsek Purwosari AKP HD yang diduga terlibat makelar kasus (Markus) narkoba. Pasalnya, perilaku semacam itu sudah merupakan kategori abuse of power, pelanggaran etik profesi yang berat.

"Jika dalam investigasi yang dilakukan penyidik propam Polres Pasuruan ditemukan indikasi Markus melibat oknum Kapolsek. Maka Kapolres harus copot oknum tersebut dari kedinasan kepolisian. Perilaku semacam itu sudah merupakan kategori abuse of power, pelanggaran etik profesi berat," kata Lujeng Sudarto Direktur Pusat Studi dan Avokasi Kebijakan Publik (PUSAKA) pada media ini, Minggu (24/3/2024).

Ia mendesak, Bid Propam Polda Jatim segera melakukan pemeriksaan kepada oknum Kapolsek yang diduga melakukan Markus dengan meminta sejumlah uang kepada istri terduga narkoba.

Hal ini untuk memperjelas benar dan tidaknya rumor tersebut. Karena jika dibiarkan maka akan berdampak buruk terhadap citra institusi kepolisian, akan memunculkan public prejudice yang tidak baik. "Untuk si istri tersangka kasus narkoba harus mendapat perlindungan saksi dan korban, jangan sampai terjadi intimidasi," imbuhnya.

Menurut Lujeng, 'ocean' istri tersangka narkoba dipastikan membuat telinga oknum Kapolsek 'merah'. Dan, dipastikan akan ada intimidasi ke pihak keluarga tersangka. "Pasti akan ada tekanan dari si oknum Kapolsek. Untuk itu istri tersangka harus mendapat perlindungan saksi dan korban," tandasnya lagi.

Sebelumnya, penyidik Propam Polres Pasuruan telah meriksa tiga orang saksi. Diantaranya, Eva istri tersangka narkoba, Zaeni, dan Upik. Selain itu, penyidik Propam Polres Pasuruan kabarnya sudah mengantongi foto dan video dari CCTV yang terpasang di rumah Upik (tempat penyerahan uang). (dik)

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Selasa, 23 Jul 2024 17:20 WIB | Politik dan Pemerintahan
Pasuruan - beritaplus.id | Usai mendapat surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra sebagai Calon Bupati Pasuruan. Rusdi ...
Selasa, 23 Jul 2024 06:59 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Meskipun digerojok anggaran ratusan miliar oleh Pemkab Pasuruan. Plaza Gempol tetap saja sepi bak 'kuburan'. Bangunan ...
Senin, 22 Jul 2024 18:11 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplua.id | Teguh Ananto, tak pernah membayangkan bahwa suatu hari nanti ia akan menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) ...