x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo Peringati Hari Lingkungan Hidup Dengan Gerakan Semut

Avatar Bayu
Bayu
Senin, 06 Mei 2024 18:21 WIB
Peristiwa
beritaplus.id leaderboard

Ponorogo - beritaplus.id | Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 dengan beberapa rangkaian kegiatan.

Minggu (5/5/2024) di jalan Suromenggolo bersama Bupati Sugiri Sancoko, Wakil Bupati Lisdyarita, menggelar pungut sampah berhadiah. Sampah yang sudah terkumpul bisa ditukarkan dengan hadiah secara gratis diantaranya botol minuman dan bibit tanaman .

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo Gulang Winarno mengatakan, dalam rangka memperingatan Hari Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo mengadakan giat bersih bersih dengan pungut sampah yang digelar di Car Free Day di jalan Suromenggolo alias jalan Baru.

“Kegiatan hari ini Minggu 5 Januari 2024 adalah sampahku tanggung jawabku sebuah rangkaian Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 yang puncak acaranya tanggal 5 Juni. Usai ini dilanjutkan penanaman pohon tanggal 8 Mei di desa Wates kecamatan Slahung,”kata Gulang.

Menurut Gulang dari hasil pungut sampah yang melibatkan YPII, pokja sampah, pariwisata, kominfo, PUPR gerakan semut pagi ini di jalan CFD terkumpul sekitar 1 kuintal sampah.

“Terima kasih kepada semua yang terlibat dalam sampahku tanggung jawabku ini,”ucapnya.

Tak hanya itu, masih kata Gulang, dalam peringatan HLH di jalan baru ini selain ada gerakan semut juga di tanggal 4 Juni juga diadakan lomba mewarnai tingkat SD dan SMP juga nanti ada tingkat SMA.

“Harapan kita hari ini adalah menyadarkan masyarakat bersama sama kita sebut dengan gerakan semut di CFD ini. Untuk harapan ke depan setiap ada kegiatan ini masyarakat memiliki tanggung jawab membawa sampah masing masing. Jadi begitu kegiatan selesai tempat sudah bersih tidak ada sampah yang berserakan,”jelasnya.

Gulang pun mengajak masyarakat menjadikan Ponorogo yang bersih, indah, aman, nyaman, menjadi Ponorogo hebat.

Di tempat yang sama, Kang Giri mengatakan dengan program sampah ini menggugah kesadaran bahwa sampah yang dibuang, sampah hasil apapun yang kita keluarkan, merupakan tanggung jawab kita bersama sama.

“Maka ini ajangnya kecil tapi mampu mengusik kesadaran bahwa kemudian membangkitkan kesadaran sejak dini. Terima kasih kepada banyak yang terlibat seperti SMAN 3, Pondok Pesantren Durisawo, Aisyiyah, Muslimat, Ansor, emak emak ini semuanya pengen kesadaran itu bareng bareng kita pikirkan,”tandasnya.

Sehingga kata kang Giri maka kemudian semua masyarakat sadar akan tiba suatu saat Ponorogo akan bersih dari sampah akan menjadi lebih bagus tanpa menjadi alasan apapun,”pungkasnya.(aw)

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Sabtu, 25 Mei 2024 11:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Menjelang hari raya Idhul Adha 1445 H, Dinas Peternakan Kabupaten Jombang pertahankan status zero case dalam kasus PMK ...
Jumat, 24 Mei 2024 21:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | SMA Negeri 1 Babadan yang dipimpin kepala sekolah DR. H.Suroso,M.Pd telah meluluskan 312 siswa kelas XII tahun ajaran ...
Kamis, 23 Mei 2024 08:06 WIB | Politik dan Pemerintahan
Ponorogo - beritaplus.id | Gabungan relawan pendukung Prabowo – Gibran Presiden masa bhakti 2024-2029 sukses di gelar betempat di Aula gedung ...