x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Tradisi Selamatan Rakyat Rasuluhusada Bersih Desa Paringan Dihadiri Wakil Bupati Lisdyarita

Avatar Bayu
Bayu
Kamis, 30 Mei 2024 18:16 WIB
Peristiwa
beritaplus.id leaderboard

Ponorogo - beritaplus.id | Bertempat di rumah Joglo Desa Paringan diselenggarakan selamatan rakyat Rasuluhusada dalam rangka bersih desa Paringan Rabu malam tanggal 29 Mei 2024/21 Dzulqoidah 1445 H.

Tampak di sepanjang jalan protokol desa terhampar banyak lampu sentir disisi jalan kanan kiri dan sebuah tumpeng besar di balai desa Paringan.

Prosesi bersih desa yang dihadiri wakil Bupati Lisdyarita merupakan tradisi turun temurun dari pendahulu yang dilakukan masyarakat Desa Paringan.

Menururt Suwendi, SH kepala Desa Paringan mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tiap tahun desa Paringan dalam rangka bersih desa dan sedekah bumi.

“Dimulai dengan ziarah makam leluhur Eyang Pronojoyo yang babat desa Paringan. Dilanjutkan kirab tumpeng bersama masyarakat desa Paringan mulai balai desa sampai rumah Joglo dilanjutkan dengan do’a bersama dan makan bersama warga,”tuturnya.

Agenda bersih desa kali ini dinamakan dengan selamatan rakyat Rosuluhusada yang bermakna rasa syukur kita pada Rasululloh. Adapun husada supaya seluruh masyarakat desa Paringan ini selalu diberi keselamatan dan diridhoi AllahSWT.

“Harapan saya setelah bersih desa ini masyarakat desa Paringan ke depan diberi kesejahteraan, lancar rejeki, makmur dan tidak kalah penting bagaimana warga masyarakat bisa menghormati tokoh yang babad desa ini,”tandasnya.

Kepala desa Suwendi mengucapkann terima kasih atas kehadiran wakil bupati Lisdyarita di acara bersih desa Desa Paringan yang dirangkai dengan beberapa kegiatan arak tumpeng.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya dalam kesempatan malam hari ini Bunda Lisdyarita berkenan hadir ditengah tengah warga masyarakat Desa Paringan menyempatkan diri bertemu warga,”kata Suwendi dalam sambutan.

Masih menurut Suwendi, kegiatan yang dilakukan setiap tahun ini didukung sepenuhnya oleh masyarakat desa Paringan gotong royong membuat tumpeng bersama perwakilan setiap RT kemudian dibawa ke Joglo.
Kelompok masyarakat yang mendukung bersih desa ini dari perwakilan RT, pedagang sekitar Joglo, ibu muslimah, ibu PKK, paguyuban L300, PSHT.

“Mereka berpartisipasi ikut berdo’a bersama dalam rangka menghormati para leluhur khususnya yang babat desa Paringan dan itu sudah menjadi kewajiban kita warga desa Paringan,”tuturnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Lisdyarita memberikan apresiasi yang luar biasa kepada desa Paringan yeng telah nguri nguri budaya jawi yang lain daripada yang lain di kabupaten Ponorogo.

“Yang dikemas dalam Rasuluhusada sangat luar biasa dengan kekompakan warga melestarikan dan mendo’akan para leluhur Desa Paringan. Semoga desa Paringan semakin jaya masyarakat sehat semua panjang umur banyak rejeki,”ungkapnya.

Pada kesempatan itu Bunda Lisdyarita menegaskan pentingnya melanjutkan kembali pembangunan untuk seterusnya. “Mari bersama sama bergandeng erat menuju Ponorogo yang hebat Desa Paringan Asyik dan luar biasa,”pungkasnya.(aw)

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Rabu, 12 Jun 2024 17:17 WIB | Peristiwa
Di Desa Punduttrate, Embung Digali dengan Excavator, Tanahnya Dijual untuk Material Urug ...
Rabu, 12 Jun 2024 14:31 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Sial, dialami KR, warga Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan keluarga terdakwa Narkoba mengaku sampai ...
Selasa, 11 Jun 2024 19:01 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Berkas perkara kasus pemotongan dana insentif dengan tersangka Akhmad Khasani, mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan ...