x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Polsek Lakarsantri Tangkap Pelaku Curanmor di 9 TKP

Avatar Rosyid
Rosyid
Sabtu, 15 Jun 2024 08:29 WIB
Hukum dan Kriminal
beritaplus.id leaderboard

Surabaya, Beritaplus.id - Anggota Polrestabes Surabaya melalui Unit Reskrim Polsek Lakarsantri berhasil menangkap satu orang lagi tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang beraksi di 9 tempat kejadian perkara (TKP) di Kota Surabaya. Hal itu seperti disampaikan oleh Kapolsek Lakarsantri, Kompol M Akhyar kepada media di Markas Polsek Lakarsantri Surabaya, Rabu (12/6/2024).

Satu tersangka inisial MIL asal Jalan Sidodadi, Surabaya, ini kata Kompol Akhyar, adalah komplotan tersangka inisial KAS yang sudah ditangkap Polisi pasca melakukan aksi curi motor.

“Saat tersangka KAS berhasil ditangkap, tersangka MIL berhasil kabur dan diduga ke Kalimantan,” kata Kompol Akhyar.
Kapolsek Lakarsantri mengatakan, tersangka MIL melakukan pencurian dengan cara berkeliling dan sasarannya adalah motor yang diparkir di pinggir jalan.

“Awalnya ada informasi dari warga jika ada pelaku pencurian sepeda motor tertangkap oleh warga,” kata Kompol Akhyar.

Ia mengungkapkan, anggota Reskrim mendatangi TKP lalu pelaku KAS yang sebelumnya ditangkap (sudah proses hukum), kemudian dibawa ke Mapolsek untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

“Saat dilakukan pemeriksaan, KAS mengaku melakukan pencurian bersama rekannya, yakni MIL, yang berperan mengawasi dan menunggu di atas sepeda motor. Saat itu berhasil melarikan diri,” kata Kompol Akhyar.

Setelah adanya keterangan dari KAS, maka anggota Opsnal melaksanakan lidik dan diperoleh info bahwa pelaku MIL melarikan diri di Kalimantan.

Kemudian pada Jumat, 7 Juni 2024, anggota Opsnal mendapati info dari masyarakat bahwa MIL pulang ke Surabaya lagi dan tinggal di daerah Sidodadi, Simokerto, bersama dengan ibunya.

Saat itu, pada Sabtu, 8 Juni 2024, sekitar pukul 04.00 WIB, Tim Anti Bandit Polsek Lakarsantri menangkap pelaku MIL di kosnya.

Saat diinterograsi, MIL mengaku melakukan curanmor di 9 TKP, diantaranya Warkop Jago Jogja di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, pada Desember 2023. Lalu di wilayah Kecamatan Wiyung gg Amanah, Surabaya, pada November 2023.

Kemudian di Waduk Unesa sekira pada November 2023. Lalu di Warung Ijo Barat sekolahan Petra Prada Kali Kendal, Surabaya, sekira November 2023.
Kemudian percobaan di halaman Alfamart Lakarsantri, pada Desember 2023, rekan MIL yaitu KAS berhasil diamankan Polisi.

TKP lainnya yang pernah jadi sasaran KAS dan MIL adalah di Kecamatan Gedangan (Sidoarjo), pada Oktober 2023, di Kecamatan Sukodono (Sidoarjo) pada November 2023, di depan masuk Hotel Singgasana Stren Kali, Surabaya, pada November 2023, dan wilayah Kecamatan Menganti, Kota Surabaya, dekat pasar.

Barang bukti ialah satu unit sepeda motor Honda Scoopy warna hitam Nopol L-2495-MB yang disita dalam berkas perkara atas nama tersangka KAS. (Pan)

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Senin, 15 Jul 2024 11:01 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Calon Bupati Pasuruan, Rusdi Sutedja dari Partai Gerindra sambang Pondok Pesantren (Ponpes) Nurudh Dholam, Jalan Pasar ...
Minggu, 14 Jul 2024 17:18 WIB | Peristiwa
Jombang-beritaplus.id | Desa Carangrejo, Kesamben, Jombang, menjadi saksi suksesnya kerjasama antara anggota Polsek Kesamben dan Koramil Kesamben ...
Minggu, 14 Jul 2024 17:10 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Sejumlah Ketua RW-RT di Desa Nogosari, Kecamatan Pandaan mengeluh. Sudah hampir tiga bulan insentif tak kunjung ...