x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Gembiranya Tukang Hias Kereta Kuda di Grebeg Suro

Avatar Bayu
Bayu
Sabtu, 06 Jul 2024 12:04 WIB
Peristiwa
beritaplus.id leaderboard

Ponorogo - beritaplus.id | Peringatan Grebeg Suro Ponorogo membawa berkah tersendiri bagi tukang hias kereta kuda di kirab pusaka Sabtu (6/7/2024).

Setelah vakum selama 2 tahun karena pandemic copid para pekerja seni tersebut akhirnya bisa beraktifitas lagi mengais rejeki.

Hal ini diakui Bayu salah satu pekerja seni tukang hias kereta kuda yang ada di jalan Dieng mengaku sangat senang dengan digelarnya kirab di grebeg suro tahun ini.

“Alhamdulillah kami sebagai vendor kereta kuda tahuin ini bisa menggarap lagi hias kereta kuda. Sudah mengerjakan hias kereta ini selama 17 tahun dalam kirab grebeg suro Ponorogo,”kata Bayu pada Beritaplus.id di sela sela menghias kereta kantor ATR/BPN Ponorogo.

Untuk tahun ini bayu menggarap sebanyak 47 kereta kuda dari kantor OPD Ponorogo.

“Kita selalu berperan dalam even even Grebeg Suro Ponorogo. Alhamdulillah kita mengerjakan 47 kereta kuda untuk acara kirab grebeg suro tahun ini. Selain di acara grebeg suro ini juga mengerjakan di grebeg tutup suro di bantarangin,’tuturnya.

Dalam pengerjaanya Bayu melibatkan 15 pekerja seni agar bisa selesai tepat waktu. Adapun biaya tergantung model dan bunga juga bentuk kereta. Mulai 5 juta sampai 10 juta untuk kereta yang sangat bagus per kereta.

“Kereta datang di mulai hari Jum’at sore dan ini harus selesai nanti setelah duhur jam 12 kita berangkatkan ke Pasar Pon Kota Lama,”tandasnya.

Menurut Bayu kereta kuda selalu memanfaatkan yang lokal orang Ponorogo dulu kalau sudah tidak ada baru kita cari luar kota Ponorogo. Solo, Madiun, “Karena orang Ponorogo yang punya kereta kuda harus menikmati even grebeg suro ini,”jelasnya.

Bayu berharap untuk acara seperti ini akan selalu ada sebab teman teman pemilik kereta kuda ini berharap ada. Banyak yang menginden apalagi bulan ini menjelang tahun ajaran baru bisa untuk biaya sekolah. Dan mereka senang acaranya meriah penonton banyak akan menjadi kebanggaan bagi mereka yang punya kereta kuda.

Bayu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo, OPD, Swasta, yang telah mendukung kirab grebeg suro ini dan mempercayakan kepada tim Bayu sehingga bisa terus berkarya.

“Selamat kepada pemerintah kabupaten Ponorogo inilah gongnya nanti malam sejak sore dan inilah yang ditunggu tunggu masyarakat Ponorogo. Berhasil, hebat, meledak dan sukses,”pungkasnya(aw).

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Senin, 15 Jul 2024 11:01 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Calon Bupati Pasuruan, Rusdi Sutedja dari Partai Gerindra sambang Pondok Pesantren (Ponpes) Nurudh Dholam, Jalan Pasar ...
Minggu, 14 Jul 2024 17:18 WIB | Peristiwa
Jombang-beritaplus.id | Desa Carangrejo, Kesamben, Jombang, menjadi saksi suksesnya kerjasama antara anggota Polsek Kesamben dan Koramil Kesamben ...
Minggu, 14 Jul 2024 17:10 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Sejumlah Ketua RW-RT di Desa Nogosari, Kecamatan Pandaan mengeluh. Sudah hampir tiga bulan insentif tak kunjung ...