x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Pertamina Patra Niaga Ajak Brand Tumbuh Bersama Lewat Platform Brightspace

Avatar
beritaplus.id
Rabu, 19 Nov 2025 22:32 WIB
Ekbis dan Hiburan

Jakarta, beritaplus.id – Pertamina Patra Niaga menyelenggarakan Bright Connect 2025 sebagai ajang temu bisnis yang mempertemukan tenant, brand partner, pelaku industri, dan calon mitra strategis dalam ekosistem Non-Fuel Retail (NFR). Pada kesempatan ini, Pertamina Patra Niaga memperkenalkan platform Brightspace (https://brightspace.pertamina.com) sebagai platform digital yang memudahkan brand memilih lokasi potensial serta mengembangkan bisnis di jaringan SPBU Pertamina.

Dalam sambutannya, Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Eko Ricky Susanto, menyampaikan bahwa SPBU Pertamina kini berkembang menjadi growth hub yang relevan dengan kebutuhan konsumen serta membuka ruang pertumbuhan bagi pelaku usaha.

Menurutnya, kehadiran Brightspace melengkapi langkah tersebut dengan menyediakan akses lebih luas bagi brand untuk masuk dan tumbuh bersama di jaringan luas SPBU yang dimiliki Pertamina.

“Kita saat ini sedang menyaksikan transformasi besar di jaringan SPBU Pertamina. SPBU bukan lagi sekadar fuel stop, SPBU kini adalah growth hub, titik di mana pelanggan, brand, dan inovasi bertemu. Kami ingin memastikan bahwa SPBU menjadi destinasi yang memberikan pengalaman baru bagi pelanggan, sekaligus menjadi ruang tumbuh bagi para pelaku usaha. Inilah babak baru perjalanan kita, menjadikan SPBU sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan gaya hidup,” tutur Eko Ricky.

Lebih lanjut, Eko Ricky mengatakan bahwa keberhasilan ekosistem NFR hanya dapat tercapai melalui kolaborasi yang kuat antara Pertamina dan seluruh tenant (pelaku usaha). Dengan keterhubungan layanan lintas kategori bisnis dan inovasi, SPBU menjadi rumah bersama bagi bisnis untuk berkembang berdampingan.

“Inilah kekuatan terbesar kita yaitu ekosistem NFR. Satu jaringan SPBU, namun di dalamnya hidup berbagai kategori bisnis mulai dari F&B, retail, layanan mobilitas, laundry, hingga EV charging. Setiap kategori saling menguatkan, setiap mitra saling mendukung, dan setiap inovasi menciptakan nilai baru bagi pelanggan. Together, we grow stronger as one ecosystem. Pertamina Patra Niaga adalah rumah besar bagi semua brand untuk tumbuh berdampingan,” tambahnya.

Sebagai salah satu tenant yang telah lama bermitra dengan SPBU Pertamina, Kebab Turki Baba Rafi melihat kolaborasi ini sebagai bagian penting dalam menjaga keberlanjutan operasional mereka, terutama pada masa-masa penuh tantangan. CEO Baba Rafi Enterprise, Hendy Setiono, mengatakan bahwa kehadiran outlet Kebab Turki Baba Rafi di SPBU membantu bisnisnya bertahan dan kembali tumbuh.

“Kebab Turki Baba Rafi telah bermitra bersama SPBU Pertamina selama 10 tahun sejak 2015, kami ingat sekali tantangan yang kami lalui saat pandemi di mana kami harus menutup lebih dari setengah gerai. Kami bersyukur salah satu yang membantu kami adalah unit-unit outlet yang berada di SPBU Pertamina karena outlet kami beroperasi secara outdoor sehingga memungkinkan online delivery dan itu membantu sekali traffic dari transaksi penjualan kami. Selain itu, posisi outlet yang strategis di SPBU membuat visibilitas brand kami semakin terlihat. Adanya solusi Bright Connect ini akan mempermudah kami dalam melakukan ekspansi outlet di jaringan SPBU Pertamina ke depan,” jelas Hendy.

Sementara itu, Kopi Kenangan sebagai representasi tenant generasi baru juga melihat kemitraan dengan Pertamina sebagai peluang untuk menjaga konsistensi pertumbuhan jaringan gerai. AVP of Real Estate Kopi Kenangan, Yulianawati, mengatakan bahwa kehadiran Kopi Kenangan di SPBU Pertamina membuka peluang ekspansi yang lebih cepat berkat lokasi SPBU yang strategis dan dekat dengan mobilitas pelanggan sehari-hari.

“Sejak awal kami bergabung dengan Pertamina, kami memang ingin menjaga konsistensi pertumbuhan, dan banyaknya titik SPBU Pertamina sangat membantu kami menambah jumlah toko di seluruh Indonesia karena lokasi SPBU yang strategis. Untuk konsep di SPBU sendiri kami menerapkan model drive and go, mengikuti mobilisasi pelanggan sehingga mereka bisa mendapatkan Kopi Kenangan dengan lebih mudah,” ucap Yulianawati.

Melalui Bright Connect 2025 dengan tema Energizing Growth Together, Pertamina Patra Niaga mengajak lebih banyak brand untuk bergabung dalam ekosistem NFR Pertamina. Dengan jaringan SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia dan platform Brightspace sebagai pusat akses peluang bisnis, Pertamina Patra Niaga berkomitmen menjadikan SPBU sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.(*) 

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Rabu, 19 Nov 2025 17:39 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo, beritaplus.id | Dipimpin AKP Dewo Wishnu Setya Kusuma,S.Kom, M.M.S.I, M.H Kasatlantas Polres Ponorogo melaksanakan ramcek dan pengecekan kesehatan di ...
Rabu, 19 Nov 2025 17:12 WIB | Hukum dan Kriminal
Pasuruan, beritaplus.id | Sidang gugatan sengketa lahan antara keluarga H. Usman selaku penggugat dan keluarga H. Fattah melalui ahli warisnya, Siti Jamilah, ...
Rabu, 19 Nov 2025 12:44 WIB | Peristiwa
Malang, beritaplus.id | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Malang melaksanakan program 'Belajar Tanpa Batas Pendampingan Anak ...