x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Pondok Ramadhan SMPN 1 Sawoo Gandeng Pesantren dan Bagi Takjil

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Minggu, 09 Apr 2023 03:55 WIB

Ponorogo-beritaplus.id | Nuansa pesantren terasa kental di SMPN Negeri yang dipimpin Sutrisno, M.Pd ini. Apalagi siswa siswi serta bapak ibu guru mengenakan busana muslim dan muslimah.

Ya, dalam rangka meningkatkan ketaqwaan dan keimanan di bulan ramadhan tahun 1444 H ini SMPN 1 Sawoo mengadakan kegiatan pondok ramadhan 1444 H/2023 M.

Beberapa rangkaian kegiatan diikuti siswa siswa kelas 7, 8 dan 9 bahkan materi kegiatan keagamaan panitia mendatangkan ustad dan ustadah dari pondok pesantren Al-Mawadah Coper.

Yusron S.Ag ketua panitia mengatakan pondok ramadhan diikuti siswa kelas VII, VIII, dan IX SMPN 1 Sawoo.

“Semua siswa wajib mengikuti pondok ramadhan karena merupakan program sekolah,’tuturnya.

Menurutnya, pondok ramadhan ini digelar selama 4 hari. Hari pertama kelas 7 jam 7 s/d jam 12 dilanjutkan dengann sholat duhur berjamaah.

Hari kedua dilanjutkan anak kelas 8. Dan hari Rabu tanggal 5 terkhir kelas 9.

“Untuk hari Kamis pagi acara khusus khataman Al-Qur’an selama 1 hari penuh dilanjutkan sore harinya menjelang buka anak anak kelas 9 dan yang tergabung OSIS bersama pembina mengadakan pembagian takjil di sekitar jalan raya. Dilanjutkan buka bersama dan sholat taraweh di sekolah,”sebut Yusron.

Sementara Sutrisno,M.Pd kepala sekolah SMPN 1 Sawoo saat dikonfirmasi media berita plus mengaku bersyukur tahun ini SMPN 1 Sawoo bisa menyelenggarakan kegiatan pondok ramadhan lagi setelah 2 tahun vakum.

Kegiatan religi yang diikuti seluruh siswa 7 s/d kelas 9 ini bekerja sama dengan dengan pondok Al-Mawadah Coper.

“Kami berharap, giat pondok ramadhan ini terbentuknya Profil Pelajar Pancasila terutama dimensi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia itu yang utama,”ujarnya.

Materi puasa dan zakat yang merupakan hal yang biasa dilakukan di bulan ramadhan. Diselingi juga adab dan akhlak.

“Dengan materi yang disampaikan ustad/ustadah anak anak semakin sadar tentang ilmu zakat dan ilmu puasa,”pungkasnya.

Di sore hari usai pembagian takjil ketua OSIS SMPN 1 Sawoo mengatakan pembagian takjil ini oleh pengurus OSIS berjalan lancar.

“Alhamdulillah tahun ini kami dapat memberikan buka puasa bagi penggunan jalan sebanyak 300 bungkus yangt berisi makana kecil dan air minum sudah habis dibagi,”papar Niko Sandi Saputra.(aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Minggu, 25 Feb 2024 21:45 WIB | Peristiwa
Gresik - beritaplus.id | Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) akan menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, di salah satu Villa ...
Minggu, 25 Feb 2024 18:15 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo-beritaplus.id | Usai Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo di Korem 081/DSJ Jumat, (23/02/2024), dilanjut acara Tradisi ...
Minggu, 25 Feb 2024 16:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Atas keprihatinan dan kepedulian TP PKK Kelurahan Kertosari kepada remaja, di pertengahan tahun 2023 dibentuk Proaksi ...