x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Wujud Implementasi Suara Demokrasi SMPN 2 Ponorogo Gelar Pilkasis

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Selasa, 22 Agu 2023 07:41 WIB

Ponorogo - beritaplus.id | Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 2 Ponorogo menyelenggarakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS (Pilkasis) periode 2023/2024.

Istimewanya lagi pemilihan ini diadakan sesuai dengan tata cara seperti pemilihan presiden atau kepala daerah di Indonesia dengan pencoblosan secara langsung.

Pilkasis Sebagai Wujud Implementasi Suara Demokrasi dilaksanakan pada hari Jum’at 18 Agustus 2023 ini menggunakan prinsip demokrasi yaitu menggunakan hak yang dimiliki untuk memilih kandidat yang layak menjadi ketua dan wakil ketua OSIS.

Adapun yang mempunyai hak pilih adalah seluruh peserta didik kelas VII, VIII, dan IX. Cara pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini dimulai pukul 07.30 WIB dilaksanakan di aula sekolah yang dipandu oleh Tripomo,S.Pd selaku Waka Kesiswaan.

Pemilihan ketua dan wakil ketuan OSIS ini cukup menarik karena sehari sebelum pencoblosan oleh masing masing calon tiga pasangan calon yang berkompetisi yaitu nomor kursi 01 Aura dan Nadif Edgar, nomor kursi 02 M. Alfian Fatkhurrohim dan Kiranaya M, nomor urut 03 Muihammad Afdal A.F dan Namira Puteri.A melakukan orasi serta menyampaikan visi dan misi yang akan dilaksanakan untuk 1 tahun kedepan dalam memimpin OSIS.

Hasil akhir dari Pilkasis SMPN 2 Ponorogo dimenangkan oleh pasangan calon nomor 01 Aura dan Nadif Edgar mendapatkan 391 suara. Wakasek kesiswaan SMPN 2 Ponorogo Tripomo, S.Pd mengatakan, gelar Pilkasis ini dalam rangka memilih ketua dan wakil ketua OSIS yang baru yang mana ketua OSIS yang lama sudah habis masa jabatannya.

“Kita serahkan pada anak anak untuk formatur yang ada sekretaris dan bendahara. Yang intinya adalah mereka menjadi pengurus harian ada 6 siswa,”terang Tripomo.

Pilkasis ini menurut Tripomo berbeda dengan tahun kemarin yang berjumlah 36 tapi ternyata tidak efektif. Sekarang jumlah penguirus 32 yang 6 adalah pengurus harian yang 26 mengisi ada 10 seksi.

“Nah, yang sering melakukan aksi banyak akan kita tambah. Namun tiap melakukan kegiatan semuanya terlibat. Anak anak OSIS ini menjadi ujung tombak kegiatan kesiswaan terutama yang menyangkut kegiatan siswa,”paparnya.

Masih menurut Tripomo, pilkasis ini melalui seleksi dengan kriteria antara lain leadership, kecakapan, komunikasi disiplin yang tinggi.

“Dari hasil pilkasis ini dari 32 calon jadi ini nanti akan kita godok lagi di dalam LDK Latihan Dasar Kepemimpinan sebagai tonggak kepemimpinan mereka menjadi pemimpin di sekolah khsusnya yang terkait dengan siswa,”tukasnya.

Pihaknya berharap, pengurus OSIS baru tahun 2023/2024 ini lebih meningkat kegiatannya, lebih maju, lebih variatif, dan semua ide idenya bisa ditampung dan difasilitasi kegiatan yang akademis dan non akademis.

Disisi lain, Olivia mantan ketua OSIS 2022/2023 mengaku bangga bisa bersekolah di SMPN 2 Ponorogo. Menurut Olivia, sekolah di SMPN merupakan pilihan sejak awal menjadi siswa di SD Pulung.

Selain sebagai sekolah favorit juga sekolah segudang prestasi baik akademis maupun non akademis. Oleh karena itu ia menjadi ketua OSIS di SMPN 2 merupakan suatu kebanggaan dengan berpengalaman waktu sekolah di SD tempatnya belajar.

Sementara Kepala sekolah SMPN 2 Ponorogo Imam Syaifudin mengucapkan selamat atas terselenggaranya Pilkasis sebagai sarana berlatih berdemokrasi.

“Silahkan anak anak memilih calon ketua dan wakil ketua OSIS sesuai hati nurani,”ungkap Imam.

Imam berharap ketua OSIS terpilih bisa bekerja dengan ikhlas bersama pengurus yang lain. “Bisa bertanggung jawab dan bisa bekerja sama untuk mewujudkan dan menjalankan program OSIS dengan baik. juga bisa menjadi teladan yang baik bagi siswa siswi SMPN 2 Ponorogo,’pungkasnya. (aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...