x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Inovasi Baru Puskesmas Ngebel Sediakan Obat Herbal di The Djampi Cafe

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Rabu, 13 Des 2023 08:35 WIB

Ponorogo - beritaplus.id | Daya tarik objek wisata Telaga Ngebel kembali bertambah. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ngebel yang berada tak jauh dari dermaga telaga mengembangkan inovasi berupa obat-obatan herbal.

“Nenek moyang kita dulu mengajarkan cara pengobatan tradisional yang menggunakan bahan- bahan alami,”ungkap Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko ketika meresmikan The Djampi Cafe di Puskesmas Ngebel, Selasa (12/12/2023).

Disampaikan Bupati bahwa Puskesmas Ngebel adalah puskesmas wisata yang harus memiliki daya tarik khusus. 

The Djampi Cafe menyediakan olahan tanaman herbal untuk obat. 

"Di Puskesmas Ngebel ada herbalis yang menguasai cara mengolah tanaman herbal, jumlah takaran, dan jadwal penggunaan,”paparnya.

Untuk memanjakan pengunjung juga disediakan gazebo lengkap dengan tempat duduk layaknya kafetaria di The Djampi Cafe yang memungkinkan pengunjung menikmati keindahan Telaga Ngebel sambil minum jamu. 

Kang Bupati juga mengangankan adanya layanan akupuntur, akupresur, dan hipnoterapi. 

“Ngebel menjadi jujukan wisatawan, maka harus mampu berinovasi dan mengkomperkan potensi sehingga menjadi ekosistem wisata,”tandasnya.

Kang Bupati berharap keberadaan The Djampi Cafe ikut mengerek tingkat kunjungan ke objek wisata Telaga Ngebel. Hasil retribusi dari kawasan wisata Telaga Ngebel menjadi penyumbang terbesar pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

“Saya sampaikan kepada para kades (kepala desa) agar segera menyesuaikan karena Ngebel ke depan akan semakin ramai setelah pembangunan jalan sudah selesai semua," sebutnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Dyah Ayu Puspaningarti mengungkapkan, semua produk di The Djampi Cafe dari bahan alami. 

“Tanpa bahan pengawet, pewarnanya juga dari tumbuhan. Semuanya produk herbal, baik makanan dan minuman yang bermanfaat untuk kesehatan,”urai Dyah. 

Dyah Ayu menyebut keberadaan The Djampi Cafe semoga memberikan manfaat bagi warga dan pengunjung wisata Ngebel,"pungkasnya.(aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Minggu, 25 Feb 2024 21:45 WIB | Peristiwa
Gresik - beritaplus.id | Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) akan menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, di salah satu Villa ...
Minggu, 25 Feb 2024 18:15 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo-beritaplus.id | Usai Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo di Korem 081/DSJ Jumat, (23/02/2024), dilanjut acara Tradisi ...
Minggu, 25 Feb 2024 16:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Atas keprihatinan dan kepedulian TP PKK Kelurahan Kertosari kepada remaja, di pertengahan tahun 2023 dibentuk Proaksi ...