x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Kadindik Ponorogo Resmikan Cafe Edukasi SMPN 4 Ponorogo

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Jumat, 17 Feb 2023 04:27 WIB

Ponorogo - beritaplus.id | Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 44 SMP Negeri 4 Ponorogo dengan tema tunjukan jati diri untuk selalu berprestasi sesuai dengan potensi menggelar beberapa rangkaian kegiatan.

Dimulai tanggal 14 Pebruari lomba antar Sekolah Dasar ada lomba sains, lomba tari klonosewandono, dongeng mocopat, tartil. Tanggal 15 Khotmil Qur’an dan Isro’ Mi’roj, dan tanggal 16 jalan santai sekaligus resik resik alun alun Ponorogo.

IstImewanya lagi di acara puncak HUT nya SMPN 4 meluncurkan café edukasi yang diresmikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo Drs. H. Nurhadi Hanuri, M.Pd dilanjutkan dengan visualisasi panen raya P5 tema2 Kamis (16/2/2023).

“Hari ini puncak HUT yang ke 44 yang dikemas dengan kegiatan lain diantaranya peresmian cafe edukasi. Edukafe hadir untuk memberikan nuansa berbeda dalamm konsep belajar lebih banyak memberikan kesempatan siswa khususnya dan masyarakat sekitar sekolah untuk selalu menyempatkan waktu terus belajar dalam setiap suasana dan situasi apapun.

Dimana anak anak bisa belajar ruang timur sebagai ruang literasi, bisa untuk main musik, membantik, kewirausahaan disambi minum kopi atau teh,”kata Winarti,M.Pd kepala sekolah SMPN 4 Ponorogo saat ditemui media Berita Plus.id.

Menurut Winarti, kenapa mengambil kafe edukasi, karena untuk melatih anak belajar berwirausaha, dengan ruang yang ada di pinggir jalan raya kami manfaatkan untuk pembelajaran yang bernuansa kafe. Yang sore hari bisa dipakai untuk umum asal sesuai dengan aturan misal tidak boleh merokok di dalam kafe jadi memang itu fokus pada edukasinya.

“Semarak pada hut ini juga kami kemas untuk peluncuran panen raya P5 tema2 ‘bangunlah jiwa dan raganya’ dimana nanti akan ada visualisasi bulying dengan produk teater tentang bulying, puisi, cerpen, stand kantin kejujuran dilanjut pembagian hadiah pemenang lomba selama HUT.

Pemotongan tumpeng HUT oleh kadindik. Jadi itu rangkaian kegiatan HUT ke 44 SMPN 4 Ponorogo,”paparnya. . Dengan sukses dan lancarnya acara HUT ke 44 tahun ini Winarti menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung peringatan HUT Ke 44 ini.

“Sangat luar biasa betul betul terharu dengan sambutan alumni SMPN 4 dari berbagai angkatan, Dinas Pendidikan, MKKS SMP negeri, kepala sekolah kota, rekanan, dan yang terutama dari bapak ibu guru yang sangat luar biasa membantu acara ini mereka tidak kenal lelah. Mari di HUT yang ke 44 ini kita berbuat sedikit kebaikan kita peduli pada lingkungan yang ada di Ponorogo. Jalan sehat peduli lingkungan,”ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan drs. H. Nurhadi Hanuri, M.Pd memberikan apresiasi yang sangat luar biasa. “Hari ini saya merasa bahagia sekali di ulang tahun nya SMPN 4 Ponorogo yang ke 44 ini. Ternyata kamajuan yang sangat luar biasa pesat sudah dilakukan.

Kalau kita berbicara tentang pendidikan saya katakan yang ada di SMPN 4 ini sudah kaffah. Mereka melaksanakan pendidikan secara menyeluruh mulai dari pendidikan akademik non akademik, religi, ketrampilan, kewirausahaan, kesenian, kebudayaan sampai penguatan pendidikan karakter yang kemarin sudah dimunculkan dilaksanakan disini bahkan bentar lagi nanti mau diadakan wisuda tahfid nya juga,”ungkap Nurhadi.

Masih kata Nurhadi, selain itu prestasi yang telah diraih SMPN 4 yang sangat luar biasa. “Satu hal yang paling penting dan paling utama adalah hari ini launching pertama dibukanya café edukasi. Ini menunjukan SMP 4 peduli dengan seluruh keluarga besarnya yang punya karya diapresiasi ditempatkan disini.

Selain itu mendekatkan masyarakat yang mungkin orang tuanya menunggu anak nya pulang sekolah bisa ada di kafe ini sehingga dia tidak perlu mencari tempat diluar sehingga nyaman sambil mengembangkan kewirausahaan yang ada di SMPN 4 ini,”harapanya kesana tambah Nurhadi.

“Hebat kepala sekolahnya luar biasa, srikandi ini luar biasa tapi jangan terlalu bangga masih banyak tugas yang harus dilakukan, lakukan inovasi yang lain yang berbeda dengan sekolah lain. Itu menunjukan ciri khas SMP 4 yang nanti suatu ketika akan menjadi sekolah rujukan sekolah kebanggaan yang ada di kabupaten Ponorogo ini,”dorongnya memberi semangat.

Lebih lanjut Nurhadi mengatakan, tak kalah pentingnya juga peran komite yang luar biasa apalagi ada alumni yang luar biasa. “Oleh karena makanya sinergitas itu yang harus dijamin, dijaga dan dilaksanakan dengan baik, karena alumni nya SMPN 4 sukses semua ada polisi,kepala desa, anggota dewan, ini lah yang harus disinergikan dengan baik, keberanian untuk mengkomunikasikan itulah jalan keluar yang terbaik untuk menjadi sukses SMPN 4 nanti.

Jadi bagaimana pendidikan di Ponorogo semakin maju memuaskan dalam memberikan layanan kepada seluruh masyarakat,”pungkasnya.(aw)

Editor : Redaksi

Artikel Terbaru
Minggu, 25 Feb 2024 21:45 WIB | Peristiwa
Gresik - beritaplus.id | Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) akan menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, di salah satu Villa ...
Minggu, 25 Feb 2024 18:15 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo-beritaplus.id | Usai Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo di Korem 081/DSJ Jumat, (23/02/2024), dilanjut acara Tradisi ...
Minggu, 25 Feb 2024 16:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Atas keprihatinan dan kepedulian TP PKK Kelurahan Kertosari kepada remaja, di pertengahan tahun 2023 dibentuk Proaksi ...