x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Koalisi Ormas Dan LSM Madiun Tanda Tangani Pakta Integritas

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Minggu, 26 Feb 2023 08:23 WIB

Madiun-beritaplus.id | Puluhan Senior anggota Lsm dan Ormas yang ada dikota Madiun , Sabtu 25 Februari 2023 berkumpul dijalan Argo Manis Perumnas I Bumi Mas Madiun untuk menanda tangani pakta integritas dalam satu wadah KOAL ( Koalisi Ormas LSM Madiun ).

Kegiatan tersebut diawali dengan satu diskusi dari seluruh anggota KOAL untuk memberikan testimoni beberapa kejadian yang pernah mereka lakukan dengan gaya santai dan penuh humor.

Dalam kesempatan itu Hery Sem yang merupakan tokoh senior dari LSM Pedal menyampaikan Satu gagasan bahwa," dalam kegiatan pelaksanaan pemerintahan yang terdiri dari eksekutif, legislatif dan yudikatif itu harus ada satu kekuatan penyeimbang yaitu kekuatan swadaya dari rakyat untuk bisa jadi kontroling , sehingga rakyat juga bisa punya power atau daya tekan terhadap jalannya pemerintah yang dianggap melenceng dari konstitusi". ujarnya.

Sementara Koko H.P dalam wejangan khusus kepada seluruh anggota KOAL mengatakan, "  bahwa sinergitas dan kekompakan harus tetap dijaga dan jangan sampai ada dusta diantara kita, karena untuk memecah belah anggota amatlah mudah, jika ada fitnah atau isu pemberian gratifikasi yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab kepada salah satuanggota, maka hal itu akan menimbulkan rasa saling curiga dan itu bisa memecah belah anggota. "

KOAL ini menurut penasehatnya Gandi Yunita yang juga mantan wawali kota Madiun, " bahwa dengan terbentuknya KOAL MADIUN mempunyai visi satu kata, satu hati dalam melayani , yang diimplementasikan dalam bentuk Pendampingan, Pemberdayaan dan Kontrol Sosial." Pesannya.

Sementara pada sesi diskusi lainnya, Herry Sem menjelaskan, "karena KOAL ini adalah forum bersama maka tidak ada susunan pengurus, yang ada adalah koordinator dan penasehat." katanya.

Dikesempatan lainnya Rossyh pamuji, SH. MH. Yang ditunjuk sebagai salah satu koordinator KOAL MADIUN, menjelaskan, " Karena pakta integritas ini adalah suatu peristiwa hukum, maka nanti seluruh anggota dari KOAL harus ikut menanda tangani satu dokumen yang dituangkan dalam pakta integritas, yang mengedepankan kerukunan dan kekompakan sehingga tidak terjadi ada dusta diantara kita." jelasnya.

Puncak dari acara tersebut akhirnya disetujui adanya 4 koordinator KOAL yaitu Rossyh Pamuji , SH. MH., R Ery Soeharyo, SH. MH. Choirul chamami, Bagus Pranggono. Sedangkan untuk Penasehat ditunjuk Herry Sem, Kokok HP SH, MH. Gandi Yunita SH. Mhum dan Didik . (aji)

Editor : Redaksi

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...