x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Perkuat Ukhuwwah, PMDG Gelar Silaturrahim dengan Alumni Darussalam

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Jumat, 02 Feb 2024 07:40 WIB

Ponorogo-beritaplus.id | Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya yang telah tersebar luas di seluruh penjuru dunia.

Tak sedikit pula dari alumni Gontor yang berkiprah dengan mendirikan pondok-pondok pesantren dengan menganut kurikulum dan sistem pendidikan Gontor.

Menjelang usia Gontor ke-100 tahun, tentunya peran-peran alumni juga tidak kalah penting dan sangat dibutuhkan demi kesuksesan hajat besar tersebut.

Untuk itulah, Pimpinan PMDG menggelar acara silaturrahim dengan mengundang para pimpinan pondok-pondok pesantren alumni.

Silaturrahim yang berlangsung hari Kamis (1/2/2024), pukul 20.00 WIB di Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor dihadiri kurang lebih 300 kiai dari 150 pondok pesantren alumni Gontor.

Tidak hanya itu, para Pimpinan-pimpinan Cabang IKPM se-Indonesia juga turut diundang untuk menghadiri acara silaturrahim tersebut.

Pimpinan Pusat IKPM Al-Ustadz Noor Syahid, M.Pd. mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan.

“Selamat datang kepada para peserta undangan silaturrahim ini, semoga kita semua diberikan kelancaran dan dibukakan hati untuk menerima ilmu yang akan disampaikan,"ucapnya.
Di tempat yang sama Pimpinan PMDG K.H. Hasan Abdullah Sahal turut menyampaikan pesan dan nasihat-nya di hadapan seluruh hadirin.

“Silaturrahim ini momen kita mengukur kembali rapot kita tentang kepondokmodernan. Ke Gontor apa yang kau cari? Di Gontor apa yang kau dapat? Dan Untuk Gontor apa yang kau beri? Jangan kita merasa cukup, karena rapot kita bukan kita yang mengisi, melainkan Raqib dan Atid. Tidak usah merasa penting, tidak usah minta dihargai,"tegasnya.

Tujuan utama diadakannya silaturrahim ini untuk memperkuat ukhuwwah antara Pimpinan PMDG dengan pimpinan pondok-pondok pesantren alumni Gontor yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Khususnya mendekati usia Gontor yang in syaa Allah akan genap 100 tahun pada 2026 mendatang.

Gontor dan alumninya harus berkonsolidasi demi mencapai tujuan bersama. Ukhuwwah islamiyyah yang merupakan salah satu dari Panca Jiwa PMDG harus senantiasa melekat dalam kehidupan setiap anggota keluarga besar PMDG. Bahkan, Gontor belum tentu bisa melangkah sejauh ini tanpa adanya nilai-nilai kebersamaan dan ukhuwwah islamiyyah yang kuat. Gontor kuat karena bersama, Gontor maju karena kebersamaan.(aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Minggu, 25 Feb 2024 21:45 WIB | Peristiwa
Gresik - beritaplus.id | Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) akan menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, di salah satu Villa ...
Minggu, 25 Feb 2024 18:15 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo-beritaplus.id | Usai Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo di Korem 081/DSJ Jumat, (23/02/2024), dilanjut acara Tradisi ...
Minggu, 25 Feb 2024 16:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Atas keprihatinan dan kepedulian TP PKK Kelurahan Kertosari kepada remaja, di pertengahan tahun 2023 dibentuk Proaksi ...