x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Dinas Peternakan Jombang Pertahankan Zero Case PMK Jelang Idul Adha

Avatar Redaksi
Redaksi
Sabtu, 25 Mei 2024 11:48 WIB
Peristiwa
beritaplus.id leaderboard

Jombang - beritaplus.id | Menjelang hari raya Idhul Adha 1445 H, Dinas Peternakan Kabupaten Jombang pertahankan status zero case dalam kasus PMK (penyakit mulut dan kuku) serta LSD (lumpy skin disease) di wilayah Kabupaten Jombang.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh kepala dinas Peternakan Kabupaten Jombang Agus Susilo Sugioto ni saat ditemui di kantornya terkait persiapan dinas Peternakan antisipasi adanya penyakit mulut dan kuku di Jombang, Rabu ( 22/5 )

Agus mengatakan untuk saat ini kasus PMK (penyakit mulut dan kuku) pada ternak sapi maupun penyakit LSD (lumpy skin disease) juga tidak ada sehingga nanti kurang 15 hari kita akan kumpulkan semua petugas mulai dari dokter hewan, P4H (Petugas Pengawas dan Pengendali Penyakit Hewan), Mantri Hewan yang ada di Kecamatan.

"Semuanya akan kita kumpulkan dan akan kasih surat tugas sebagai team dalam rangka untuk pemeriksaan kesehatan hewan qurban yang akan di buat qurban baik di masjid maupun masyarakat bahwa hewan ini harus sehat," ungkapnya.

Agus mengatakan hewan ternak yang sehat harus memiliki surat keterangan sehat hewan atau (SKKH) dan menjelang penyembelihan juga akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas post mortem kemudian ante mortem juga diperiksa.

Jadi sebelum di sembelih hewan ternak tersebut benar-benar sehat yang sesuai dengan standar kesehatan hewan diberikan surat kesehatan hewan dan ketika disembelih juga dilakukan pemeriksaan barangkali ada organ organ terkena penyakit dan sebagainya itu harus dibuang dan dimusnahkan, tandasnya.

Agus menambahkan nanti sebelum hari H biasa Dinas Peternakan juga melakukan sidak kepada pedagang hewan yang ada di sekitar Jombang juga akan kita lakukan pemeriksaan kesehatan hewan yang di jual oleh pedagang.

Perlunya dilakukan pemeriksaan ini bahwa hewan yang di datangkan ini betul betul sehat sekaligus kita akan berikan surat keterangan sehat hewan kalau memang hewan itu sehat kalah ada gejala sakit haru diisolasi dan harus di sendirikan tidak boleh dicampur dengan hewan lainnya," paparnya.

Agus menambahkan Alhamdulillah kabupaten Jombang ini selama tahun 2023 sampai sekarang untuk pelaksanaan perayaan hari raya Idhul Adha berlangsung kondusif dan aman.

Sehingga masyarakat tidak perlu was was untuk makan daging hewan qurban karena sudah di nyatakan sehat dari Dinas Peternakan Kabupaten Jombang dan masyarakat merasa aman untuk mengkonsumsi daging hewan qurban, pungkasnya.

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Kamis, 13 Jun 2024 08:31 WIB | Peristiwa
Kementerian ATR/BPN bersama mitra kerja Komisi II DPR-RI kembali melaksanakan Sosialisasi Program Strategis Nasional Kementerian ATR/BPN di tahun ...
Kamis, 13 Jun 2024 08:19 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Sampai saat ini, DPC PKB Kabupaten Pasuruan masih memilih dan mendukung KH. Abdul Mujib Imron sebagai Calon Bupati (Cabup) ...
Kamis, 13 Jun 2024 08:17 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Program jaminan sosial di Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno untuk tahun anggaran 2024 telah mulai direalisasikan. Sebagai ...