x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Ramadhan Berbagi SMPN 1 Sawoo Bagikan Takjil Puasa

Avatar Bayu
Bayu
Jumat, 29 Mar 2024 09:17 WIB
Peristiwa
DPRD-Pasuruan-Ramadhan

Ponorogo-beritaplus.id | Nuansa ramadhan tahun 1445 H/2024 M SMPN 1 Sawoo sangat terasa kental dengan kegiatan keagamaan.

Beberapa kegiatan untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan sekolah yang dipimpin Sutrisno, M.Pd mengadakan pondok ramadhan, pembagian takjil, buka bersama dan sholat taraweh di sekolah.

Untuk pondok ramadhan diikuti semua siswa kelas 7,8,dan 9 selama 3 hari para siswa digembleng ala pondok pesantren oleh ustadz dan ustadzah pondok pesantren.

Selama 3 hari para siswa menerima materi keagamaan diantaranya materi sholat duha, hafalan Alqur’an untuk jus 30 secara bergantian dan, sholat duhur.

Tak hanya itu, untuk menumbuhkan kepekaan sosial yang dipandegani OSIS Spinsa mengadakan pembagian takjil bagi masyarakat sekitar sekolah bertempat di pertigaan jalan raya Trenggalek Ponorogo Kamis, (28/3/2024).

Ketua OSIS Spinsa Sawoo Adiyta mengatakan di bulan ramadhan 1445 ini OSIS Spinsa mengadakan beberapa kegiatan salah satunya pembagian takjil.

“Sebanyak 300 paket takjil dibagi kepada pengguna jalan yang ada di sepanjang simpang tiga jala raya Trenggalek Ponorogo. Paket tersebut berisi kue jajan, es dawet dan nasi kotak,”kata Aditya.

Di tempat yang sama, Kepala sekolah SMPN 1 Sawoo Sutrisno, M.Pd menjelaskan bahwa rutinitas tiap puasa ramadhan menjadi agenda tersendiri OSIS SMPN 1 Sawoo Ponorogo.

“Ada beberapa agenda di bulan ramadhan ini. Ada pondok ramadhan, pembagian takjil, buka bersama dan sholat taraweh,”sebut Sutrisno.

Menurut Sutrisno, disamping melakukan pembelajaran biasa reguler, sekolah juga melaksanakan pondok ramadhan selama 3 hari. Mengambil paket harian tidak menginap di sekolah kerjasama dengan pondok pesantren untuk menyampaikan materi ke ramadhanan sholat duha, hafalan alqur’an untuk jus 30 secara bergantian. “Semua siswa selama 3 hari wajib mengikuti pondok ramadhan mulai kelas 7, 8, dan 9,”ujarnya.

Tak hanya itu, sekolah yang menjadi rujukan masyarakat Sawoo ini juga berbagi takjil yang dananya dikumpulkan dari urunan anak anak diwujudkan dalam bentuk makanan takjil dibagi kepada masyarakat umum di sekitar jalan raya Ponorogo Trenggalek.

“Alhamdulillah untuk tahun ini ada 300 paket. Dilanjutkan buka bersama siswa guru dan karyawan, sholat maghrib dan sholat taraweh bersama,”ungkapnya.

Sutrisno mengaku senang karena kegiatan di bulan ramadhan ini berjalan lancar sukses.

”Mudah mudahan semua kegiatan di bulan ramadhan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi keluarga besar SMPN 1 Sawoo,”pungkasnya. 

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Kamis, 18 Apr 2024 22:04 WIB | TNI dan Polri
Wadan Puspenerbal Hadiri Safari Binkorps Pelaut 2024 ...
Kamis, 18 Apr 2024 16:41 WIB | Peristiwa
Sejumlah Non Governmental Organization (NGO) yang tergabung dalam Pusat Studi dan Avokasi Kebijaksanaan Publik (PUSAKA) mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan serta DPRD setempat segera membuat Peraturan Daerah (Perda) tempat hiburan malam ...
Kamis, 18 Apr 2024 15:07 WIB | Peristiwa
Pelepasan dan Perpisahan SMA Negeri 21 Medan Ajaran 2023/2024 ...