x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Nina Minta Norwegia Ikut Bersihkan Polusi Kali Brantas

Avatar Rosyid
Rosyid
Senin, 29 Apr 2024 17:11 WIB
Peristiwa
beritaplus.id leaderboard

Aeshnina Azzahra Aqilani meminta negara Uni Eropa sebagai pengirim sampah plastik seperti Belanda, Jerman, Perancis, Italia, Norwegia dan Denmark menghentikan ekspor sampah plastik ke Indonesia. Selain itu, harus bertanggungjawab melakukan rehabilitasi dan pemulihan ekosistem yang telah tercemar akibat aktivitas daur ulang sampah plastik dari negara Uni Eropa.

"Mikroplastik dan bahan berbahaya pengganggu hormon mencemari Sungai Brantas, Kali Porong dan Kali Surabaya akibat daur ulang sampah kertas dan plastik dari negara-negara Uni Eropa. Jadi mereka harus ikut bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan yang dialami di Indonesia. Sungguh tidak adil bahwa kita negara berkembang harus mengolah sampah dari negara maju," ungkap Nina saat menyampaikan unge-unegnya di depan delegasi negara-negara Uni Eropa pada Sabtu sore (27/4/2024) atau Minggu dini hari Waktu Indonesia Barat, dalam acara The Social Forum of The Human Right Council yang menjadi forum pertemuan antara delegasi negara-negara anggota Uni Eropa dan anggota Society of Native Nations yang diadakan di lantai II Ruang 202 Shaw Centre, Ottawa Kanada.

Society of Native Nations merupakan organisasi yang didirikan oleh sekelompok kecil penduduk asli di Texas dengan anggota di banyak negara bagian yang berdedikasi untuk melakukan advokasi bagi masyarakat dan bumi dengan membantu melindungi dan melestarikan budaya, spiritualitas, ajaran, pengobatan, dan cara hidup asli).

Society of Native Nations beranggotakan Bangsa atau suku Asli Indian Native Amerika Tongva, Chumash, Borrado, Tewa, Mexica, Navajo, Purepecha, Seneca, Ohlone, Tobotolobal, Nakoda, Lakota, Cherokee, Chichimeca, Choctaw, Mohawk, Lenca, Pipil , Carrizo/Comecrudo, Assiniboine, Coahuiltecan, Kickapoo, A'aninin, Kumeyaay, dan Apache.

Dalam kesempatan ini masing-masing suku yang menjadi anggota Society of Native Nation memaparkan dampak aktivitas industri petrichemical pada lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Aeshnina Azzahra Aqilani atau dipanggil Nina berkesempatan memaparkan dampak ekspor sampah dari negara maju ke Indonesia.

"Bersama River Warrior Indonesia, saya menemukan dampak lingkungan akibat sampah impor dari negara maju, diantaranya pembakaran sampah plastik yang tidak bisa didaur ulang. Sampah-sampah plastik ini menyebabkan timbulnya polusi dioksi yang menyebabkan gangguan pada pernafasan dan sakit paru-paru,” ungkap Nina.

Aeshnina menjelaskan bahwa setiap tahun ada lebih dari 5 juta ton sampah kertas dan jutaan ton sampah plastik yang didaur ulang di Indonesia. Padahal industri daur ulang tidak memiliki kapasitas pengolahan limbah yang baik berakibat pencemaran mikroplastik dan bahan aditif plastik di perairan.

Padahal air sungai yang dibuangi limbah pabrik daur ulang dijadikan bahan baku air minum dan irigasi untuk perikanan ribuan hektar tambak di Kabupaten Sidoarjo.

“Ini tidak adil. Negara maju harus menghentikan mengirim sampah plastiknya ke Indonesia dan negara berkembang lainnya di ASEAN. Negara di Eropa tahu jika daur ulang itu kotor dan membutuhkan energi tinggi dalam proses kerjanya,” ujar Nina.

Siswi Kelas III SMA Muhammadiyah 10 Gresik ini memaparkan fakta bahwa banyak industri daur ulang di Eropa yang tutup karena high cost dan minimnya permintaan plastik hasil daur ulang karena virgin plastik lebih murah.

Diakhir acara, Aeshnina menyerahkan surat protes kepada delegasi Norwegia, Erlend Arneson Haugen. Programme Officer Plastic Pollution Norwegian delegation to the plastic pollution INC Secretariat, High Ambition Coalition to End Plastic Pollution Royal Norwegian Embassy.

“Saya akan meneruskan surat ini kepada anggota yang lain,” ujar Erlend kepada Aeshnina. (*)

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Sabtu, 25 Mei 2024 11:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Menjelang hari raya Idhul Adha 1445 H, Dinas Peternakan Kabupaten Jombang pertahankan status zero case dalam kasus PMK ...
Jumat, 24 Mei 2024 21:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | SMA Negeri 1 Babadan yang dipimpin kepala sekolah DR. H.Suroso,M.Pd telah meluluskan 312 siswa kelas XII tahun ajaran ...
Kamis, 23 Mei 2024 08:06 WIB | Politik dan Pemerintahan
Ponorogo - beritaplus.id | Gabungan relawan pendukung Prabowo – Gibran Presiden masa bhakti 2024-2029 sukses di gelar betempat di Aula gedung ...