x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

SMKN 2 Gelar Karya Hasil UKK Dihadiri Bupati Sugiri dan Istri

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Jumat, 17 Mar 2023 10:14 WIB

Ponorogo - beritaplus.id | Dalam rangka mengevaluasi kemampuan peserta didik tahun pelajaran 2022/2023 SMKN 2 Ponorogo gelar karya hasil Uji Kompetensi Keahlian (UKK),

Kamis (16/3/2023). Yang lebih istimewanya lagi UKK yang berakhir tanggal 16 Maret dihadiri Kang Bupati Sugiri Sancoko beserta istri Ny. Susilowati Ketua TP PKK kabupaten.

Pada kesempatan itu Kang Bupati Giri beserta istri juga mengunjungi dan melihat langsung gelar karya hasil Uji Kompetensi Keahlian siswa kelas XII SMKN 2 Ponorogo dari berbagai jurusan yaitu TKJ, usaha layanan wisata, perhotelan, kuliner, tata kecantikan kulit dan rambut, design dan produk busana.

Kepala sekolah SMKN 2 Ponorogo Farida Hanim Handayani, S.Pd, M.Pd menjelaskan kegiatan UKK tahun ini merupakan hasil gelar karya anak anak SMKN 2. “UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh dan dibuktikan dengan sertifikat kompetensi,”ujarnya.

Farida menegaskan, UKK ini juga memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi dan /atau sertifkat uji kompetensi serta mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI).

Disamping itu masih kata Farida, UKK ini juga memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia kerja dalam rangka pelaksanaan uji kompetensi keahlian sesuai kebutuhan dunia kerja. “Kami berharap hasil UKK kali ini dapat memuaskan semua pihak dan memberikan manfaat yang besar bagi siswa.

Para siswa siap dan memiliki kemampuan yang cukup untuk bersaing di dunai kerja,”harapnya. Di tempat yang sama, Sumarwan mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Ponorogo menyampaikan selamat dan sukses digelarnya gelar karya hasil uji kompetensi keahlian di SMKN 2 Ponorogo.

Dia berharap, para siswa siswi SMKN 2 yang UKK bisa lulus semua, diterima kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya. “Yang melaksanakan unjuk karya tidak hanya siswa siswi saja namun juga kepala sekolahnya, bapak ibu guru, pengawas, yang diadakan dinas pendidikan provinsi Jawa Timur,”ungkapnya.

Senada disampaikan Kang Bupati Sugiri Sancoko didampingi Ny. Susilowati menyampaikan rasa bangga banyak lulusan SMKN 2 Ponorogo menjadi orang hebat. Apalagi menurut Bupati saat ini Pemkab Ponorogo tengah menuju kota berjaringan internasional dengan UNESCO. “Sehingga sangat membutuhkan anak anak terampil dan memiliki kompetensi terutama dari SMK di kabupaten Ponorogo.

Siapkan diri kalian untuk menjadi bagian perubahan,”tandasnya. UKK yang digelar di halaman sekolah ini dihadiri kepala cabang dinas pendidikan provinsi Jawa Timur wilayah Ponorogo, kepala Disbudparpora, kepala Disperdakum, serta tamu undangan dari dunia usaha yang telah menjalin kerjasama dengan SMKN 2 Ponorogo, serta komite sekolah dan siswa siswi kelas XII. (aw)

Editor : Redaksi

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...