x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Tingkatkan Ketaqwaan Pelajar SMPN 2 Nyantri di PP Al-Ikhlas

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Jumat, 31 Mar 2023 08:52 WIB

Ponorogo - beritaplus.id | Pemantapan pendidikan agama terus dilakukan SMPN 2 Ponorogo. Pesantren ramadhan salah satu kegiatan religi dalam memantabkan pendidikan agama bagi siswa siswi mulai kelas VII s/d kelas IX.

Supratman, S.Pd ketua panitia pesantren ramadhan SMPN 2 Ponorogo menjelaskan, Alhamdulillah untuk tahun ini SMPN 2 bisa melaksanakan pesantren ramadhan setelah 2 tahun vakum karena covid-19.

“Dan lebih semaraknya lagi, pondok ramadhan kali ini ada 2 tahap hari Rabu tanggal 29 khusus kelas IX dimulai pagi hingga malam sholat tarawih. Khususnya lagi yang menjadi imam Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, H. Nurhadi Hanuri,”tutur Pratman.

Kemudian, tambah Pratman, tahap kedua hari Kamis dan Jum’at khusus kelas VII selama 2 hari 1 malam bermalam di sekolah. Untuk kelas VIII dititipkan di Pondok Al-Ikhlas Babadan selama 4 hari mulai tanggal 14 s/d 17 April yang terbagi dalam 2 hari putra dan 2 hari putri.

“Lebih mantabnya lagi selain pondok ramadhan bagi siswa, sekolah juga punya kegiatan rutin yaitu Juma’at Legi yang dikhususkan untuk guru dan karyawan untuk bulan yang ke 12 bulan ini. Juga pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah bertempat di sekolah.,”tambahnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo saat dikonfirmasi wartawan usai sholat tarawih H.Nurhadi Hanuri mengucapkan Alhamdulillah hari ini bisa melaksanakan sholat tarawih bersama keluarga besar SMPN 2 Ponorogo.

Ini merupakan kegiatan safari ramadhan dinas pendidikan Ponorogo dengan harapan kita bisa memantau mengenai pelaksanaan Perbup no 32 tahun 2022. Dan Alhamdulillah telah dilaksanakan dengan baik anak anak antusias sekali mengikuti kegiatan pesantren ramadhan ini,”ungkapnya.

Pihaknya ke depan memotifasi anak anak untuk bisa melaksanakan amal ibadah ramadhan ini lebih maksimal. “Karena manakala pada tahun ini kita bisa menyelesaikan ramadhan dengan baik dengan penuh keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT, maka Allah menjamin nanti ke depannya akan menjadi anak yang sukses,”tandasnya.

Menurut Nurhadi, Inilah yang mendorong sehingga lahirlah generasi yang hebat menjadi anak yang bisa memenuhi profil pelajar Pancasila yang menjadi harapan sehingga anak anak terbentuk keimanan ke depan lebih baik lagi. Nurhadi menandaskan, safari ramadhan dilaksanakan dinas pendidikan Ponorogo ini melalui kasi bidang SMP.

“Dengan pelaksanakan safari ramadhan ini harapanya kita mampu bisa mengetahui seperti apa anak anak di satuan pendidikan itu bisa melaksanakan kegiatan ramadhan dengan baik. Bisa membentengi anak anak memiliki perilaku akhlakul kharimah yang baik dalam melaksanakan pondok ramadhan, jelasnya.

Sementara Imam Syaifudin, M.Pd Kepala Sekolah SMPN 2 Ponorogo menjelaskan, kegiatan pondok ramadhan merupakan salah satu program OSIS sekaligus program pendidikan keagamaan di SMPN 2 Ponorogo yang mana dalam rangka untuk meningkatkan iman dan taqwa para siswa.

“Alhamdulillah kegiatan dikemas dengan type A yang diikuti seluruh siswa dalam rangka untuk pembelajaran anak anak terutama belajar keagamaan khususnya bagi yang beragama Islam.

Hari ini Kamis tangal 30 kelas 9 besuk kelas 7 sampai hari jumat sore dan kelas 8 nanti akan kita pondokan di Al-Ikhlas Babadan,”paparnya. Imam berharap, anak anak iman dan taqwa meningkat sebagaimana tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183.

“Bahwa puasa dalam rangka meningkatkan ketaqwaan, berkarakter kuat terutama karakter religinya sekaligus memberi kecerdasan baik akademis maupun non akademis sehingga anak anak betul betul menjadi anak yang meningkat imannya bertambah baik lagi,”pungkasnya.(aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Minggu, 25 Feb 2024 21:45 WIB | Peristiwa
Gresik - beritaplus.id | Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) akan menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, di salah satu Villa ...
Minggu, 25 Feb 2024 18:15 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo-beritaplus.id | Usai Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo di Korem 081/DSJ Jumat, (23/02/2024), dilanjut acara Tradisi ...
Minggu, 25 Feb 2024 16:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Atas keprihatinan dan kepedulian TP PKK Kelurahan Kertosari kepada remaja, di pertengahan tahun 2023 dibentuk Proaksi ...