x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

SMP PGRI Jogoroto Gelar Wisata Religi Ke Makam Wali Limo

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Sabtu, 06 Mei 2023 11:47 WIB

Jombang - beritaplus.id | Paska libur hari Raya Idhul Fitri 1444 H SMP PGRI Jogoroto melaksanakan kegiatan yang dikemas dengan wisata religi yakni ziarah Wali limo ( Lima ) Kamis ( 4/5 )

Kegiatan berlangsung selama 1 hari selain di ikuti oleh para siswa, kegiatan ini juga di ikuti oleh para pendidik dan pengurus Wisata wali limo sendiri terdiri dari ziarah ke makam Sunan Bonang yang bertempat di Tuban, makam Maulana Asmoroqondi, makam Sunan Drajat di Lamongan, makam Maulana Ishaq, Sunan Giri di Gresik dan makam Sunan Ampel di Surabaya .

Kepala sekolah SMP PGRI Jogorto Halayli Rahmawati menyampaikan, kegiatan ini merupakan agenda SMP PGRI Jogoroto yang bertujuan mendidik siswa-siswi untuk selalu melestarikan dan mengenang jasa-jasa para wali yang sudah menyebarkan agama Islam di pulau jawa dan sekitarnya. 

Juga bertujuan untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT Pihaknya berharap kegiatan ini kedepannya bisa menjadi agenda rutin tahunan, guna memperluas wawasan para siswa yang sudah mereka terima saat belajar disekolah, harapnya.

Sementara Heny wali kelas 7 ( Tuju ) SMP PGRI Jogoroto menuturkan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ) P5 adalah projek yang akan menemukan jawaban atas pertanyaan mengenai peserta didik dengan kompetensi seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia.

Projek tersebut dilakukan dengan menanamkan karakter pada pribadi peserta didik berdasarkan nilai-nilai pancasila. P5 berupaya menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif. serta dapat turut berpartisipasi dalam pembangunan global berkesinambungan.

Sedangkan Visi Pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. tuturnya .

Setyo Indra Pangestu siswa kelas 7 SMP PGRI Jogoroto mengaku senang karena bisa mengetahui tempat bersejarah dan berziarah dimakamnya para waliyullah.

Kegiatan tersebut agar para siswa mengetahui para Ulama’ yang memiliki peran penting dalam menegakkan agama Islam di Jawa Timur kususnya dan Indonesia pada umumnya, ungkapnya. ( ajr/mys )

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...