x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

SMAN 1 Balong Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Minggu, 29 Okt 2023 07:40 WIB
Peristiwa
beritaplus.id leaderboard

Ponorogo - beritaplus.id | Dalam rangka hari sumpah pemuda ke 95 ini SMA Negeri 1 Balong menggelar upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 bertempat di halaman sekolah Sabtu (28/10/2023).

Dengan tema Berbeda itu indah dan pemuda harus berkreasi berinovasi untuk menuju Indonesia yang maju. Kepala sekolah membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo dihadapan para peserta upacara sebagai berikut.

Kita bersama memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 95 tanun 2023. Bahwa setiap tanggal 28 Oktober kita selalau memperingati Hari Sumpah Pemuda yang merupakan momentum mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong pemuda yang berhasil mengangkat juang patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam sumpah pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia. Berbangsa satu bangsa Indonesia. Dan menjunjung bahasa satu bahasa Indonesia. Untuk tahun ini di Hari Sumpah Pemuda mengambill tema Bersama Memajukan Indonesia membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.

“Hari ini anak anak diberi kesempatan untuk memakai baju nasional bebas memilih hal ini menunjukan warna warni Indonesia yang berbeda beda namun tetap satu Indonesia. Berbeda itu indah, kreatif, inofatif, menuju Indonesia maju,”kata Siti Mariyani,S.Pd, M.Pd Kepala Sekolah SMAN 1 Balong saat ditemui awak media BerotaPlus.id.

Lebih lanjut Ia menambahkan, sebagai rasa bangga ber Bhinneka Tunggal Ika di hari bersejarah ini semua siswa, guru dan karyawan mengenakan baju adat nasional Indonesia. 

“Untuk memeriahkan HSP tahun ini rangkaian acara sudah dijadwal panitia besuk hari selasa yakni berkreasi lomba, kegiatan kebersamaan, sarapan bersama, dan senam,”sebutnya.

Menurut Siti Mariyani pemuda merupakan tulang punggung negara maju nya negara pemudalah yang bertanggung jawab meneruskan perjuangan cita cita pahlawan mewujudkan bangsa dan negara maju iman bangsa yang terdepan.

Di tempat yang sama disampaikan guru mata pelajaran Kimia Santi Herlina,S.Pd Waka Kesiswaan, dengan tema bersama majukan Indonesia kita mengajak seluruh warga sekolah memaknai sumpah pemuda dengan berbusana adat nusantara.

“Dengan maksud supaya timbul menumbuhkan jiwa gotong royong, ber kebhinekaan, menyayangi sesama, meskipun kita berbeda bahasa, adat, pakaian, suku, namun kita tetap satu Indonesia. Salah satu upaya untuk menumbuh kembangkan P3 Profil Pelajar Pancasila,”terang Santi panggilan akrab.

Menurut Santi nuansa ber Bhineka Tunggal Ika kali ini sangat terasa sekali karena peserta upacara memakai pakaian adat nusantara mulai siswa dan guru karyawan.(aw)

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Senin, 15 Jul 2024 11:01 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Calon Bupati Pasuruan, Rusdi Sutedja dari Partai Gerindra sambang Pondok Pesantren (Ponpes) Nurudh Dholam, Jalan Pasar ...
Minggu, 14 Jul 2024 17:18 WIB | Peristiwa
Jombang-beritaplus.id | Desa Carangrejo, Kesamben, Jombang, menjadi saksi suksesnya kerjasama antara anggota Polsek Kesamben dan Koramil Kesamben ...
Minggu, 14 Jul 2024 17:10 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Sejumlah Ketua RW-RT di Desa Nogosari, Kecamatan Pandaan mengeluh. Sudah hampir tiga bulan insentif tak kunjung ...