x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Dosen Universitas Wijaya Putra Berikan Pelatihan Budidaya Belut Sawah

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Rabu, 15 Nov 2023 15:18 WIB
Peristiwa
beritaplus.id leaderboard

GRESIK, Beritaplus.id - Universitas Wijaya Putra (UWP) sebagai Perguruan Tinggi terbaik dalam bidang pengabdian kepada masyarakat di Jawa Timur, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui berbagai macam program pemberdayaan. Salah satu kegiatan terbaru adalah pelatihan budidaya belut sawah bagi kelompok Sistem keamanan Lingkungan (Siskamling) di Dusun Agung RT. 01 RW. 02, Desa Cagak Agung, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik.

Kegiatan ini sendiri diinisiasi oleh dosen-dosen Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UWP. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan masyarakat tentang teknik budidaya belut sawah yang efisien dan menguntungkan.

Tim Pemberdaya yang terdiri dari 3 orang dosen tersebut membimbing para peserta untuk memahami seluk-beluk budidaya belut sawah, mulai dari pemilihan bibit, pengelolaan kolam, hingga pemasaran hasil produksi.

Dalam sambutannya, Pak Ramon, Ketua tim pemberdaya yang juga menjadi inisiator kegiatan menyampaikan bahwa budidaya belut sawah memiliki potensi ekonomi yang besar dan dapat menjadi salah satu alternatif penghasilan bagi masyarakat di daerah mitra.

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, masyarakat dapat mandiri dalam mengelola usaha budidaya belut sawah, menjadi tambahan pendapatan bagi siskamling, dan warga yang selama ini kalau siskamling hanya di pos RT, sekarang ada kegiatan baru yaitu mengawasi dan mengelola kolam belut ini," ujar Ramon.

Peserta pelatihan ini adalah warga yang tergabung dalam siskamling RT. Selama ini terbagi dalam 7 kelompok piket jaga di pos RT dengan aktivitas sehari-hari secara bergantian berjaga di Pos RT.

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dari program studi pertanian sebagai asisten dalam proses pelatihan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa sekaligus memperkuat keterampilan mereka dalam berinteraksi dengan masyarakat.

Salah seorang peserta yang juga Ketua Kelompok Siskamling, Adhy Priyono, menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan ini.

"Saya sangat senang bisa ikut serta dalam pelatihan ini, cukup menarik karena mudah dalam mempraktekkannya. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak-Bapak Dosen UWP yang telah memberikan pelatihan dan ini menjadi kegiatan baru bagi warga, tidak hanya jaga di Pos tapi ada tempat baru untuk ya mengawasi dan ngasih pakan belunya," ungkapnya.

Program pemberdayaan masyarakat yang seluruhnya didanai oleh Universitas Wijaya Putra ini diharapkan dapat memberikan dampak positif tidak hanya dalam peningkatan produksi belut sawah, tetapi juga dalam peningkatan kesejahteraan dan ketahanan pangan masyarakat setempat.

Diharapkan ke depannya, kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk memberdayakan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. (ean)

Editor : Redaksi

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Selasa, 23 Jul 2024 17:20 WIB | Politik dan Pemerintahan
Pasuruan - beritaplus.id | Usai mendapat surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra sebagai Calon Bupati Pasuruan. Rusdi ...
Selasa, 23 Jul 2024 06:59 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Meskipun digerojok anggaran ratusan miliar oleh Pemkab Pasuruan. Plaza Gempol tetap saja sepi bak 'kuburan'. Bangunan ...
Senin, 22 Jul 2024 18:11 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplua.id | Teguh Ananto, tak pernah membayangkan bahwa suatu hari nanti ia akan menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) ...