x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Kemenaker Anwar Sanusi Buka Ponorogo Job Fair 2023

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Minggu, 19 Nov 2023 15:29 WIB

Ponorogo-beritaplus.id | Dalam rangka upaya menurunkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) Pusat Pasar Kerja Kemenaker RI dan Disnaker Ponorogo menyelenggarakan “Ponorogo Job Fair 2023”  dan Launching Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Acara yang dinanti nanti pencari tenaga kerja ini berlangsung selama 2 hari Kamis hingga Jum’at 16-17 November 2023 bertempat di Ponorogo City Center (PCC Mall) Jl Ir. H. Juanda No. 19 Tonatan Ponorogo.

Tak hanya itu, Job Fair/ Bursa Kerja yang dibuka oleh Kemenaker, namun ada beberapa rangkaian acara, diantaranya yaitu Launching Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Talkshow dengan narasumber-narasumber yang sukses, senam pagi bersama dan Pentas Musik dengan Bintang Tamu Lala Widy. Perusahaan yang ingin bergabung dalam Job Fair/  Bursa kerja bisa langsung mendaftar.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang datang memantau bersama Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi mengatakan bahwa job fair merupakan solusi bagi pencari kerja dan pemberi kerja.

Di satu sisi, perusahaan sulit mendapatkan karyawan yang sesuai kriteria. Dari sisi yang lain, para pencari kerja menginginkan pekerjaan sesuai kemauan mereka.

‘’Job fair ini titik temu yang elok,”terang Kang Giri (sapaan Bupati Sugiri Sancoko).

Dengan melihat animo pencari kerja, Pemerintah Kabupaten Ponorogo berencana menggelar kembali job fair dua kali pada 2024 mendatang.

“Ponorogo Job Fair adalah kerja bareng pemkab dengan Pusat Pasar Kerja Kemenaker. Sebab, bursa kerja akan efektif menurunkan tingkat pengangguran terbuka. Semakin sering dibuka bursa kerja akan semakin bagus,’’ kata Kang Giri.

Di tempat yang sama Sekjen Kemenaker Anwar Sanusi menjelaskan, job fair merespon permasalahan ketenagakerjaan dengan memfasilitasi pencari dan penyedia pekerjaan.

Para pencari kerja selalu menunggu-nunggu event job fair karena dapat langsung mendatangi stand sejumlah perusahaan.

“Mereka lebih leluasa menentukan pilihan tentang gambaran pekerjaan berikut jenjang karir,”tuturAnwar Sanusi.

Masih kata Anwar Sanusi, job fair juga menjawab tantangan dalam menghadapi revolusi ketenagakerjaan. Dengan menghadirkan edukasi pasar kerja pada generasi muda berupa future job, tantangan, serta peluang di dalam dan luar negeri, maka akan membantu menjembatani kesenjangan keterampilan pelamar dengan kebutuhan dunia kerja.

“Ini merupakan terobosan yang efektif, titik temu antara pencari kerja dan pemberi kerja,”pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ponorogo Drs. Supriyanto, MM mengaku sangat bangga gelaran Job Fait Ponorogo 2023 tahun berjalan sukses.

“Alhamdulillah lebih 3000 lowongan pekerjaan di event job fair Ponorogo 2023 ini terkafer. Gelaran Bursa Kerja atau Job Fair 2023 ini dalam rangka menekan angka pengangguran. Kesuksesan ini berkat kerja sama dengan Kementerian Ketenaga kerjaan RI yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemenaker RI Anwar Sanusi yang didampingi Kang Bupati Sugiri Sancoko,”ungkapnya. (aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...