x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Mitigasi Bencana Musim Hujan Dinas PUPR Jombang Gerak Cepat

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Rabu, 06 Des 2023 06:34 WIB

Jombang, - beritaplus.id | Menjelang musim penghujan tiba Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Jombang melakukan pembersihan tanaman air yakni eceng gondok dan normalisasi sungai.

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana, karena saat ini sudah memasuki musim penghujan. Hal ini dilakukan agar perairan tidak terhambat oleh rimbunan eceng gondok yang seringkali menimbulkan luapan air pada saat turun hujan deras.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jombang, Bayu Pancoroadi mengatakan, usai melakukan pendataan pengangkatan tanaman air sudah dilakukan sebelum masuk musim penghujan.

Teman-teman SDA sampai sekarang juga masih melakukan pengangkatan dan pembersihan eceng gondok di sungai dan saluran, katanya.

Bayu Pancoroadi menjelaskan, ada banyak titik baik sungai maupun saluran yang ditumbuhi eceng gondok. Di antaranya yang sudah dilakukan penanganan, Kali Jombang Kulon di Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Lalu di Sekunder Gude-Ploso, pengangkatan sampah bekerjasama dengan DLH Jombang, tambahnya. Kemudian di Afvoer Gabus di Desa Jatigedong, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang yang merupakan anak Kali Marmoyo. Di lokasi selain pembersihan tanaman air juga dilakukan normalisasi.

“Begitu juga di Kali Made (Desa Made, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang) yang mengalir ini kemarin bekas potongan bambu sehingga menghambat,” tuturnya.

Menurutnya, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya mitigasi bencana. “Agar tidak menghambat aliran air, karena khawatirnya ketika terkumpul di hilir jembatan atau bendung menjadikan sumbatan, pada akhirnya membuat limpasan air ke permukiman.

Selain itu, normalisasi juga terus dilakukan. Di antaranya yakni di Kali Dor di Desa Brangkal, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Afvoer Pilang di Desa Banjarsari dan Desa Tinggar, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Afver Blimbing mulai dari Desa Kayangan, Kecamatan Diwek hingga Desa Blimbing, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang.

Kemudian di Sekunder Melik di Desa Wuluh, Kecamatan Kesamben, Untuk saat ini, penanganan dilakukan di sepanjang sungai, jelasnya. ( ajr )

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...