x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Bupati Ponorogo : Peran Pers Setara Dengan Negara, Bupati, Dan DPRD

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Senin, 11 Mar 2024 06:15 WIB
Politik dan Pemerintahan
DPRD-Pasuruan-Ramadhan

Pemerintah kabupaten Ponorogo peringati Hari Pers Nasional tahun 2024 bersama awak media di Pondok Jambu Brotonegaran Ponorogo Sabtu (9/3/2024).

Bersamaan dengan HPN tahun 2024 itu juga ada gerakan tanam 3 juta pohon yang dihadiri sekitar 100 orang mengambil tema mengawal kepemimpinan dan keutuhan bangsa serta bersama media meneguhkan Ponorogo hebat.

Dalam sambutannya Bupati Sugiri menyampaikan harapan besar pada pers untuk berperan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara. Karena pers memiliki peran penting yang setara dengan negara, bupati,dan DPRD.

“Eksistensi pers bukan hanya untuk mewarnai berita tetapi lebih dari itu pers adalah pilar negara. Karena peran pers bisa mempengaruhi berbagai aspek dan membuka kesadaran masyarakat.,”tutur Bupati.

Bupati menegaskan bahwa peran pers sangat signifikan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Mulai dari peran DR. Sutomo tahun 1908 hingga tumbuhnya sumpah pemuda 1928 yang mendorong Kemerdekaan tahun 1945.

“Peran pers sangat luar biasa bagaimana pers saat penjajahan Jepang menulis slogan-slogan perjuangan seperti ‘Gupon omahe doro, melu Nippon soyo sengsoro yang mampu membakar semangat perjuangan dan menyulut revolusi jihad pada peristiwa 10 Nopember,”tegas Bupati.

Namun, kata Bupati, di era modern ini pers dihadapkan pada tantangan sosial media. Antara pers dan medsos jumbuh serta ada ketidakseimbangan. Jika msyarakat tidak cerdas mereka akan mudah percaya berita hoax dan terpengaruh opini yang salah.

“Saya bermimpi pada HPN 2024 pers menjadi role model menjadi model yang menegakan kebenaran,”ujarnya.
Bupati berharap, media haris lebih modern, lebih cerdas, simple dalam mengubah pola pikir masyarakat di tengah gempuran medsos.

“Nah, media harus modern, lebih genit, simple mengubah mindset ketika bertarung dengan sosial media. Siarkan hal hal yang baik dan membela kebenaran,”pungkasnya. (aw)

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Kamis, 18 Apr 2024 22:04 WIB | TNI dan Polri
Wadan Puspenerbal Hadiri Safari Binkorps Pelaut 2024 ...
Kamis, 18 Apr 2024 16:41 WIB | Peristiwa
Sejumlah Non Governmental Organization (NGO) yang tergabung dalam Pusat Studi dan Avokasi Kebijaksanaan Publik (PUSAKA) mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan serta DPRD setempat segera membuat Peraturan Daerah (Perda) tempat hiburan malam ...
Kamis, 18 Apr 2024 15:07 WIB | Peristiwa
Pelepasan dan Perpisahan SMA Negeri 21 Medan Ajaran 2023/2024 ...