x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Melakukan Kegiatan Citizen Science Tourism di Wonosalam

Avatar DH Fajar
DH Fajar
Senin, 24 Jun 2024 10:26 WIB
Peristiwa
beritaplus.id leaderboard

Libur telah tiba. Siswa sekolah saat ini telah memasuki waktu liburan sekolah. SD Muhammadiyah 1 Wringinanom, Kabupaten Gresik, memanfaatkan awal liburan sekolah dengan mengajak Eco Warriors (kelompok siswa peduli lingkungan) untuk melakukan kegiatan Citizen Science Tourism di Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Citizen Science Tourism merupakan program wisata yang menggabungkan wisata alam dengan kegiatan penelitian ilmiah. Dalam wisata ini, siswa tidak hanya menikmati keindahan alam, tetapi juga terlibat dalam kegiatan pengumpulan data, observasi, atau eksperimen yang berkaitan dengan kelestarian alam.

Kegiatan Citizen Science Tourism dilakukan selama 2 hari pada tanggal 22 - 23 Juni 2024. Hari pertama Eco Warriors bertemu dengan komunitas pelindung hutan dan mata air yakni KTH Kepuh. Kemudian mereka diajak menjelajahi hutan, mengamati berbagai spesies tumbuhan dan hewan di Hutan Lindung Mendiro.

Selanjutnya mereka mengunjungi Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Jombang. Mereka diajak berkeliling taman untuk diperkenalkan spesies tanaman langka yang ada di sana dan mengenal tanaman lebih dekat tugas masing-masing siswa mencari daun tanaman yang berbentuk melengkung dan sejajar untuk memperkenalkan variasi daun.

Sore harinya, mereka berkemah di dekat sungai Gogor Wonosalam. Mereka mendirikan tenda dan masak makan malamnya sendiri. Karena dekat dengan sungai, mereka mencari udang sungai bahkan saat malam hari. Hal ini bermula ketika mereka berjalan-jalan di sekitar sungai kemudia cahaya senter mengenai udang yang bercahaya, lantas mereka dengan antusias mengumpulkan udang sungai.

“Saya sangat senang bisa berkunjung ke Wonosalam, jalan-jalan di hutan, melihat pohon kopi, pohon aren, pohon pinus, lalu pohon kemiri dan mengumpulkan kemiri. Lalu bermain di sungai, cari udang sungai malam-malam. Kegiatan ini menyenangkan sekali,” ujar Ibrahim Kaka El Rahmat, siswa yang naik ke kelas 5.

Kegiatan di hari kedua, Eco Warriors SD Muhammadiyah 1 Wringinanom belajar melakukan pemantauan kualitas air sungai menggunakan metode biotilik dengan didampingi Polisi Air. Mereka dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok untuk mencari biota sungai yang ada di sungai Gogor dan diperkenalkan biota-biota yang sensitif terhadap pencemaran dan tahan di kondisi yang tercemar.

“Ini adalah pengalaman pertama bagi siswa-siswi kami, belajar langsung ke alam, menjelajah hutan Mendiro, menyusuri sungai Gogor, dan berkemah. Senang sekali bisa mengajak mereka dalam kegiatan Citizen Science Tourism, mereka bisa belajar sambal menikmati alam lereng gunung Anjasmara. Semoga melalui kegiatan ini mendorong siswa-siswi turut menjaga kelestarian alam,” terang Khoirun Nisak, Koordinator Adiwiyata SD Muhammadiyah 1 Wringinanom. (*)

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Senin, 15 Jul 2024 11:01 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Calon Bupati Pasuruan, Rusdi Sutedja dari Partai Gerindra sambang Pondok Pesantren (Ponpes) Nurudh Dholam, Jalan Pasar ...
Minggu, 14 Jul 2024 17:18 WIB | Peristiwa
Jombang-beritaplus.id | Desa Carangrejo, Kesamben, Jombang, menjadi saksi suksesnya kerjasama antara anggota Polsek Kesamben dan Koramil Kesamben ...
Minggu, 14 Jul 2024 17:10 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Sejumlah Ketua RW-RT di Desa Nogosari, Kecamatan Pandaan mengeluh. Sudah hampir tiga bulan insentif tak kunjung ...