x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Kemenag Ponorogo Gelar Kampanye Mandatori Halal

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Minggu, 19 Mar 2023 04:50 WIB

Ponorogo-beritaplus.id | Kementerian agama Ponorogo menyelenggarakan kampanye mandatori halal bertempat di Mall PCC Ponorogo Sabtu (18/3/2023).

Yang lebih istimewanya lagi di acara kampanye mandatori halal ini dihadiri juga Inna Amania Komisi 8 DPR RI. Juga hadir dinas Perdagkum, Kamad, penyuluh agama islam dari P3H pendamping proses produk halal IKM Ponorogo, kepala KUA dan undangan.

Ketua satgas kampanye mandatori halal Kemenag Ponorogo Moh. Thohari, S.Ag, MH.I mengaku bersyukur Alhamdulillah pada siang ini bisa hadir di Mall PCC Ponorogo dalam rangka kampanye mandatori halal serentak se Indonesia.

“Iya, hari ini ada kegiatan kampanye mandatori halal yang dilaksanakan di 1000 titik se Indonesia dan di Ponorogo sendiri ada di dua tempat yaitu di Mall PCC dan di Pasar Legi. Yang mana kedua tempat tersebut merupakan ikon besar yang ada di Ponorogo sekaligus tempat berbelanja masyarakat Ponorogo,”ungkapnya.

Menurut Thohari, tujuan adanya kampanye mandatori halal ini untuk mensukseskan apa yang sudah menjadi program badan penyelenggara jaminan produk halal untuk mewujudkan 40 juta produk sertikat halal tahun 2024.

“Dengan tercapainya jumlah tersebut diharapkan Indonesia bisa menjadi yang terbesar di dunia. Dukungan dari IKM, pendamping produk halal, kepala KUA, kepala madrasah, dan kepada semua yang hadir di acara hari ini,”tandasnya.

Selain itu memperkuat komitmen untuk mensukseskan program sertifikat halal dengan sekitar 600 pendamping.

Di tempat yang sama, kepala kantor kementerian agama kabupaten Ponorogo, Dr. H. Nurul Huda, M.Pd dalam membacakan amanat menteri agama RI bahwa di tahun 2024 semua produk yang beredar di Indonesia harus bersertifikat halal

“Sertifikat halal merupakan program utama di kementerian agama RI di 1000 titik untuk menyampaikan kampanye mandatori halal di Indonesia. Kemenag mewajibkan di lingkungan kemenag harus sudah disertifikasi halal, semua yang beredar di lingkungan kemenag harus sudah bersertifikasi halal begitu juga dengan kemenag Ponorogo,”jelas Kakan Kemenag Ponorogo.

Masih kata Nurul Huda, Kemenag memang sebagai sponsor kampanye mandatori halal.

“Kita berharap dengan adanya produk halal ini akan memberikan dampak yang positif terhadap semua IKM, UMKM yang akan memberikan gerakan jasmani dan rokhani baik dohir maupun batin. Ke depan tetap kita pantau karena kita punya satgas di masing masing kecamnatan,’pungkasnya.(aw)

Editor : Redaksi

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...