x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Cegah Stunting Bupati Ponorogo Bagi 1000 Ikan Segar

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Senin, 04 Des 2023 13:06 WIB

Ponorogo - beritaplud.id | Peringatan Hari Ikan Nasional guna mendorong tingkat konsumsi ikan di Indonesia. Salah satunya dengan bagi bagi ikan 1 ton ikan segar kepada 10 desa di kabupaten Ponorogo.

Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Dan Perikanan di Desa Ngrandu Kecamatan Kauman membagi bagi ikan segar sebanyak 1 ton kepada warga desa di 10 desa di Ponorogo, Senin (4/12/2023).

Secara simbolis Bupati Sugiri Sancoko didampingi Nyonya Susilowati Ketua Forum Ikan Kabupaten Ponorogo, Kepala Dinas Pertahankan Herry Sutrisno, serta kepala desa Ngrandu Suparto membagi ikan segar kepada penerima manfaat warga desa Ngrandu.

Dalam wawancara, Bupati Sugiri mengaku senang karena ikan memiliki kandungan gizi tinggi dan itu baik buat pertumbuhan anak baik secara fisik dan mental guna menuju generasi emas 2045.

“Angka stunting Ponorogo masih pada kisaran 2 digit. Kita ingin dengan pembagian ikan ini bisa mengurangi stunting di Kabupaten Ponorogo. Dengan konsumsi protein ikan yang cukup, masyarakat Ponorogo diharapkan memiliki kualitas hidup yang lebih baik, generasi yang sehat, kuat, dan cerdas sebagai modal utama dalam membangun bangsa Indonesia ke depan,”terang Bupati.

Oleh karenanya Bupati mengajak para orang tua untuk memperhatikan gizi anak anaknya agar kelak tumbuh menjadi anak yang sehat fisiknya dan memiliki akhlak yang bagus.

Menurut Bupati ikan adalah salah satu makanan tambahan gizi tapi yang lebih penting bagaimana pola asuh, pola makan anak harus selalu diperhatikan. Dengan harapan, angka stunting di Ponorogo bisa turun minimal mendekati angka 7 persen sesuai harapan kita semua.

Dipilihnya desa Ngrandu karena angka stunting di desa Ngrandu masuk urutan 10 besar desa stunting tertinggi di kabupaten Ponorogo.

Bupati menegaskan, ketika jadi Bupati angka stunting pada angka 27 persen, kemudian turun menjadi 21 persen. “Semoga tahun ini minimal bisa mendekati angka 7 persen sesuai harapan kita,”ujarnya.

Di tempat yang sama, Plt.Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Dan Perikanan (Dipertahankan) Herry Sutrisno menjelaskan pembagian ikan lele gratis sebanyak 1 ton diberikan kepada 1000 warga yang ada di 10 desa di Ponorogo. 

“Giat ini sekaligus dalam rangka untuk memperingati Hari Ikan Nasional tahun 2023 yang digelar secara serentak secara nasional sejak tahun 2014 hingga sekarang,”sebutnya.

Diantara 10 desa penerima bantuan ikan gratis tersebut yaitu desa Ngrandu, Beton, Plalangan, Sooko, Jrakah, Baosan Lor, Senepo, Gondowido, Binade, dan Tempuran.@ Kata Herry, sebenarnya ada 25 desa syunting di Ponorogo dan diambil 10 dari desa stunting urutan tertinggi di kabupaten Ponorogo.

“Semoga ke depan peringatan Hari Ikan Nasional bisa terus kita gelar dan pastinya makin besar acaranya termasuk bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat,”pungkasnya. (aw)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...