x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

DKPP Sebut Program Kapiten 'Atensi' Mantan Bupati Pasuruan

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Jumat, 15 Mar 2024 14:54 WIB
Peristiwa
DPRD-Pasuruan-Ramadhan

Pasuruan - beritaplus.id | Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pasuruan menyebut program Kapiten sejak Tahun 2015 dan menjadi salah satu program unggulan mantan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf.

Hal itu diungkapkan, Lilik Widji Asri Kepala DKPP Kabupaten Pasuruan saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Jumat (15/3/2024). Ia mengatakan, program Kapiten ada sebelum dirinya menjabat sebagai Kepala DKPP.

"Sejak tahun 2015 program Kapiten sudah ada," kata dia.

Lilik menyebut, program Kapiten saat itu menjadi salah satu program handalan mantan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf.
"Dan dinas pertanian jadi salah satu dinas masuk program itu," imbuhnya.

Disingung berapa DPAnya, mendadak Lilik lupa. Ia berdalih masih mencarinya. Karena program tersebut sudah lama. "Saya lupa masih coba nanti tak tanyakan ke staf berapa DPAnya," ujar Lilik.

Ia mengaku dipanggil Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Pasuruan pada Senin (18/3/2023). Pemanggilan itu terkait program Kapiten. "Benar kita dipanggil pansus DPRD Kabupaten Pasuruan. Iya soal program itu (kapiten)," sambungnya.

Pihaknya akan memberikan keterangan program tersebut dihadapan pansus DPRD Kabupaten Pasuruan. "Apa yang nanti ditanyakan pansus dewan akan kita jawab. Tentunya dengan data yang kita miliki," bebernya.

Pansus DPRD Kabupaten Pasuruan telah melayangkan panggilan ke Dinas terkait untuk dimintai keterangan seputar program Kapiten.

Pemanggilan itu untuk mengungkap penggunaan sumber anggaran miliaran rupiah pada program Kapiten. Serta manfaat apa bagi masyarakat khusus petani kopi di Pasuruan.

Selain itu, Masyarakat Anti Korupsi Anggaran Rakyat (MAKAR) juga melaporkan penyelewengan anggaran pada program tersebut ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangil, Kabupaten Pasuruan. Ada dugaan, mantan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf terlibat dipusaran Kapiten.

Seperti diketahui, Pemkab Pasuruan telah gelontor anggaran miliaran rupiah untuk membrending Kapiten (Kopi Asli Kabupaten Pasuruan) agar terkenal dan bisa mengangkat perekonomian petani kopi wilayah setempat. Berbagai program pun diluncurkan Pemkab Pasuruan, salah satunya Jumat ditetapkan sebagai hari minum kopi. (dik)

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Jumat, 19 Apr 2024 13:08 WIB | Hukum dan Kriminal
Pasuruan - beritaplus.id | Abdul Wachid pemilik empat truk tangki diduga muatan BBM ilegal akui telah diperiksa beberapa kali oleh penyidik ...
Kamis, 18 Apr 2024 22:04 WIB | TNI dan Polri
Wadan Puspenerbal Hadiri Safari Binkorps Pelaut 2024 ...
Kamis, 18 Apr 2024 16:41 WIB | Peristiwa
Sejumlah Non Governmental Organization (NGO) yang tergabung dalam Pusat Studi dan Avokasi Kebijaksanaan Publik (PUSAKA) mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan serta DPRD setempat segera membuat Peraturan Daerah (Perda) tempat hiburan malam ...