x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Rutan Ponorogo Gelar Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60, "Pemasyarakatan Pasti Berdampak"

Avatar Bayu
Bayu
Sabtu, 27 Apr 2024 22:37 WIB
Peristiwa
beritaplus.id leaderboard

Ponorogo – beritaplus.id | Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Ponorogo Kemenkuham Kanwil Jawa Timur menyelenggarakan upacara peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 yang mengusung tema "Pemasyarakatan Pasti Berdampak".

Upacara yang berlangsung di Lapangan Rutan Ponorogo ini dihadiri oleh pejabat struktural, staf dan perwakilan Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Rutan Ponorogo serta diikuti seluruh warga binaan rutan Ponorogo, Sabtu (27/04/2024).

Acara ini dimulai dengan prosesi bendera pataka memasuki tempat upacara dan penghormatan kepada bendera pataka yang dilaksanakan dengan khidmat.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan sejarah Hari Bakti Pemasyarakatan oleh Petugas Upacara.

Tema "Pemasyarakatan Pasti Berdampak" dipilih untuk menekankan pentingnya setiap program rehabilitasi dan reintegrasi yang dijalankan di Lapas / Rutan memiliki efek yang signifikan dan positif bagi warga binaan.

Dalam sambutannya, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Gulang Rinanto membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manuasia Republik Indonesia yang berharap pemasyarakatan makin memiliki komitmen untuk menjawab berbagai tantangan kedepan, selaras dengan arah dan tujuan

Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang-Undang No.1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

“Dalam beberapa kesempatan telah saya sampaikan bahwa melalui Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang-Undang No.1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-undang Hukum Pidana maka kita harus siap dengan berbagai perubahan paradigma pemidanaan .

"Kita harus mengambil bagian untuk mentrasisikan ini. Pemidanaan kedepan bukan hanya mampu memberikan penyelesaian secara berkeadilan namun juga pemulihan.” Sambutan Menteri.

Acara dilanjutkan dengan doa bersama, mengharapkan kedamaian dan kesuksesan bagi semua yang terlibat dalam proses pemasyarakatan di Rutan Ponorogo.

Upacara diakhiri dengan foto bersama, menandai solidaritas dan semangat bersama untuk mencapai pemasyarakatan yang berdampak positif.

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Sabtu, 25 Mei 2024 21:47 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Bertempat di pendopo Agung Ponorogo, pemerintah daerah Ponorogo melantik dan melatih ratusan jagal yang ada di daerah ...
Sabtu, 25 Mei 2024 21:43 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Bakal colon Bupati Pasuruan, Ramdhanu Dwiyantoro atau kerap disapa Ram-Ram bertandang ke wilayah Nguling bertemu sejumlah ...
Sabtu, 25 Mei 2024 21:38 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Dinilai belum lengkap oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan. Berkas perkara dugaan jual-beli pupuk subsidi ...