x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Laoshi Haryanto dan Suharjono Jadi Narsum Dalam Seminar di Duta Taichi

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Sabtu, 11 Nov 2023 16:40 WIB

SURABAYA, Beritaplus.id - Duta Taichi Indonesia menggelar Seminar dengan menghadirkan 2 narasumber, yaitu Laoshi Haryanto dan Laoshi Suharjono. Seminar rutin diselenggarakan di Sasana Duta Taichi Indonesia, di Jalan Raya Undaan nomor 56 Kota Surabaya (samping Duta Ban), pada Sabtu pagi, 11 November 2023.

Kurang lebih 70 peserta mengikuti acara seminar yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. Mereka dengan semangat mengikuti serangkaian materi yang dipaparkan oleh kedua narasumber. Salah satu peserta yang paling semangat ialah Mami Yulia Merlyn Monro (umur 82 tahun).

Mami Yulia Merlyn Monro bersama  Laoshi Haryanto

Dalam seminar tersebut, Laoshi Haryanto menjelaskan tentang pentingnya memilih olahraga yang tepat untuk kesehatan di hari tua. Salah satunya mempelajari Taichi.

Tai Chi adalah gabungan dari seni dan olahraga kebugaran yang memiliki manfaat untuk kesehatan, baik tubuh maupun pikiran. Taichi bukanlah menari, tetapi memahami di setiap jurus ada maknanya dan di setiap langkah ada artinya.

“Memang pertama kali taichi itu untuk bela diri. Kemudian jadi olahraga massal untuk kesehatan. Teknik dengan bela diri taichi dengan bela diri lain bertolak belakang. Taichi dilatih membuang tenaga. Setelah kalian benar-benar kosong, tapi dengan latihan pernafasan, tahu-tahu muncul tenaga yang dahsyat. Itulah tenaga dalam,” katanya.

Laoshi Haryanto saat memaparkan materi juga diikuti dengan mempraktikkan gerakan-gerakan taichi kepada peserta, termasuk diantaranya kekuatan gerakan yang bisa dimunculkan lewat perut. Tidak cuma itu saja, Laoshi Haryanto juga mempraktikkan pengaturan pernafasan serta teknik-teknik lainnya. Dalam semua teknik itu, disarankan agar terus melakukan latihan.

“Teori taichi itu rilek, kalah dulu, baru menang. Diserang dulu baru menang. Taichi itu mengatur hati, mengatur pikiran. Itulah tingkatan tertinggi,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Laoshi Suharjono mengatakan, setiap teknik dalam taichi harus dipelajari dan tidak boleh sembarangan. Di dalam taichi, tidak cuma latihan fisik, tetapi juga psiko atau pikiran dan juga latihan pernafasan.

Di Duta Taichi, digelar latihan setiap hari, dan dilaksanakan pada pagi mulai jam 9 hingga jam 10. Gerakan Taichi dianggap sangat baik bagi siapa saja yang hendak menjaga atau meningkatkan kesehatan jasmani serta ketenangan dan kedamaian batin. Karena manfaatnya bagi pikiran dan tubuh sangat besar, hingga saat ini Tai Chi masih menjadi olahraga yang popular, dan pesertanya di Duta Taichi terus bertambah.

Selama ini, yang dilakukan Duta Taichi Indonesia adalah memberikan pelatihan Taichi secara gratis atau tidak memungut biaya sepeserpun. Ini dilakukan untuk membangun kemaslahatan masyarakat dari semua kalangan, tidak melihat latar belakang tetapi latar depannya dengan tujuan agar tetap sehat.

Duta Taichi Indonesia dipimpin oleh Toni Liono (Ketua Umum), kemudian Ilyne Kusuma (Wakil Ketua Umum), KHR Zainuddin (Ketua DPP), Rachmat Yohanes (Ketua DPD), Rudy Irsan (Ketua DPS Adity), Yetty Arly (Ketua DPS). Tokoh-tokoh lain yang menjadi bagian dari Duta Taichi Indonesia seperti Teguh Kinarto (Ketua Pembina), Bambang Sujanto, Dahlan Iskan, Irjen Pol (Purn) Abdul Gofur (Pelindung), Mayjen TNI (Purn) Wododo (Pelindung).

Duta Tai Chi Indonesia adalah salah satu sasana di Surabaya. Namun keberadaan Duta Tai Chi ini ingin menyatukan beragam sasana yang ada, untuk kemajuan olahraga Lin Tieng Kung dan Tai Chi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan latihan bersama. (dik)

Editor : Redaksi

Artikel Terbaru
Sabtu, 24 Feb 2024 09:18 WIB | Politik dan Pemerintahan
PONOROGO - Suasana keakraban terlihat saat Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, bersama PJU menggelar Cangkrukan bersama warga ...
Jumat, 23 Feb 2024 07:48 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Pada tanggal 20 Februari 2024, Lembaga Investigasi Negara (LIN) di kabupaten Jombang menggelar pertemuan koordinasi antar ...
Rabu, 21 Feb 2024 17:05 WIB | Peristiwa
Ponorogo-beritaplus.id | SMP Negeri 3 Ponorogo mulai Rabu 21 Pebruari mempunyai gedung baru yang diresmikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Gedung ...