x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Geliat Desa Baosan Kidul Dalam Menghidupkan Seni Kearifan Lokal

Kamis, 18 Jan 2024 08:33 WIB

Ponorogo - beritaplus.id | Pelestatian Kearifan lokal Desa Baosan kidul terus di upayakan oleh pemerintahan desa yang saat ini di Nahkodai Dzul Hijjah Fajar. Seperti Pemanfaatan situs Rambut dalem, Seni Reog, Seni Gambyong Khas Baosan kidul dan pendirian sanggar sendra tari yang sangat banyak peminat.

Peserta sanggar saat latihan di Lapangan Volly Bendoroto

Disela kesibukannya Dz.H. Fajar Kepala Desa Baosan kidul, kamis (17/1/2023) saat di temui awak media membenarkan bahwa dalam pemerintahannya selain terus berkonsentrasi dalam pembangunan Infrastruktur, Ekonomi, Kesehatan tak ketinggalan pula dalam menghidupkan kembali kearifan lokal dan budaya desa yang kurang di perhatikan. Seperti Keberadaan situs Rambut yang sangat di sakralkan oleh masyarakat, seni tari Gambyong Khas desa, Reog dan lain - lain.

Grub Reog Sardulo Rambut Dalem Baosan Kidul

Diantara giat yang ada di desa adalah keberadaan sanggar sendra Tari Baosan kidul adalah group tari yang ada di Desa.Baosan kidul.
Anggotanya adalah anak-anak sedesa Baosan Kidul. Grub Seni REOG Sardulo Rambut Dalem dan grub hadroh hingga karawitan.
Tempat berlatih ada di pendopo kantor Desa, Rumah Warga dan Lapangan Volly bendo Roto Baosan Kidul. Hal ini karena sanggar tersebut belum punya padepokan sendiri untuk berlatih.

Situs Rambut Dalem Pesinggahan Pamgeran DiponegoroSitus Rambut Dalem Pesinggahan Pamgeran Diponegoro

Situs Rambut Dalem Persinggahan Pangeran Diponegoro

Sanggar Tari yang diprakarsai tahun 2022 oleh Ibu Kepala Desa Baosan kidul Nyani Suprihatin dan di
kelola Instruktur tari yang sehari - hari bekerja sebagai guru di TK PKK Desa Baosan kidul Ibu Ida Fitrianingrum.

Joglo Situs Rambut Dalem Desa Naosan Kidul

Hingga saat ini kegiatan sanggar telah di ikuti lebih dari 120 orang peserta mulai anak - anak, Pemuda Dan Orang tua desa.

" Kami selaku pemerintahan desa sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah suka rela menghidupkan kembali kearifan lokal yang memang telah ada sejak nenek moyang dulu. Dan semoga semua giat yang ada menambah kemanfaatan bagi kita semua dan khususnya generasi muda" Ujar Fajar Kepala desa Baosan kidul Singkat. (Suci)

Editor : Ida Djumila

Artikel Terbaru
Minggu, 25 Feb 2024 21:45 WIB | Peristiwa
Gresik - beritaplus.id | Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) akan menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, di salah satu Villa ...
Minggu, 25 Feb 2024 18:15 WIB | TNI dan Polri
Ponorogo-beritaplus.id | Usai Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo di Korem 081/DSJ Jumat, (23/02/2024), dilanjut acara Tradisi ...
Minggu, 25 Feb 2024 16:19 WIB | Peristiwa
Ponorogo - beritaplus.id | Atas keprihatinan dan kepedulian TP PKK Kelurahan Kertosari kepada remaja, di pertengahan tahun 2023 dibentuk Proaksi ...