x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

SMPN 2 Kauman Gelar Dakapo Festival dan Launching Kamis Ponoragan Oleh Bupati Ponorogo

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Rabu, 06 Mar 2024 12:08 WIB
Peristiwa
DPRD-Pasuruan-Ramadhan

Ponorogo - beritaplus.id | Komitmen serius Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kauman (SMP) 2 Kauman dalam mewujudkan Ponorogo berbudaya tampaknya bukan main main.

Pasalnya untuk mendukung program kesenian sekolah yang dipimpin Indarto Bandono melaunching Kamis Ponoragan dalam event Dakapo Festival dengan tema bersinergi membangun Ponorogo berbudaya dan beragama.

Bersamaan itu juga digelar pula P5 dengan tema Market Day yang semuanya dikerjakan dan disajikan oleh siswa siswi dalam menampilkan menu makanan dan minuman.

Ada camilan keripik singkong, kembang goyang, keju aroma, dawet kekinian, es cao joss, rujak buah gado gado hingga nasi pecel yang sempat dicicipi kepala dinas pendidikan Ponorogo Nurhadi Hanuri saat mengelilingi dan meninjau stand P5.

Tak hanya itu, Dakapo Festival dalam rangka HUT ke-38 SMPN 2 Kauman juga menampilkan kreatifitas anak didik berupa tari, reyog, membatik, seni hadroh, dan tahfidz.

Drs. Indarto Bandono, M.Pd Kepala Sekolah SMPN 2 Kauman mengatakan bahwa Dakapo Festival sudah dimulai sejak tanggal, 24 Pebruari hingga puncaknya tanggal 5 Maret 2024.

“Alhamdulillah rangkaian kegiatan Dakapo Festival tahun ini berjalan sukses lancar, hal ini berkat rahmat Allah dan juga kekompakan dari semua panitia yang terlibat,”ungkapnya.

Indarto menegaskan dalam Dakapo Festival tidak kurang ada 11 lomba baik beregu dan perseorangan yang diikuti 60 peserta dari SD/MI berasal dari kabupaten Ponorogo, Madiun dan Magetan.

Luar biasanya lagi, dalam even ini ada penyerahan pila bergilir Bupati Ponorogo yang diwakili Kadindik kepada juara umum Dakapo Festival kepada Kepala SDN 2 Somoroto.

“Di momen spesial ini juga dilaunching Kamis Ponoragan. Yang setiap hari Kamis minggu ke empat semua warga sekolah memakai busana khas ponoragan, bahasa ponoragan, serta kuliner khas ponoragan,”jlentrehnya.

Menurut Indarto program ini dilaunching sebagai motivasi dan pedoman Pemkab/Dindik di setiap sekolah melaksanakan Kamis Ponoragan.

Di tempat yang sama Drs. H. Nurhadi Hanuri, M.Pd Kadindik Ponorogo mewakili Bupati Ponorogo menyampaikan bahwa pak Bupati sangat bangga dengan perkembangan pendidikan yang ada di SMP Negeri 2 Kauman, hal ini ditunjukkan keberadaan SMP Negeri 2 Kauman dengan melaksanakan kegiatan Dakapo Festival

“Dimana ada event-event yang diselenggarakan oleh SMP Negeri 2 Kauman dalam rangka untuk memfasilitasi anak-anak baik dari SMP Negeri 2 Kauman ataupun anak-anak dari sekolah dasar maupun MI,”tandasnya.

Masih kata Nurhadi hari ini SMPN 2 Kauman sudah menonjolkan keberadaannya bisa menggerakan seluruh potensi peserta didiknya mulai dari P5, anak-anak yang pintar ngaji, melaunching kamis ponoragan.

SMPN 2 Kauman merupakan sekolah yang komplit sekolah yang kaffah dengan launching Kamis Ponoragan mudah-mudahan anak-anak kita nanti cinta budaya menggunakan busana, bahasa dan makanan ponoragan sebagai karakter budaya ponorogo.

“Kita berharap anak-anak pintar secara intelektual, trampil, mampu di bidang kewirausahaan, cinta seni dan budaya, dan memiliki akhlakul kharimah yang luarbiasa,”ujarnya.

Mari kita tunjukkan SMP 2 Kauman hebat luar biasa, lain dari pada yang lain. SMP 2 Kauman merupakan salah satu dari pada sekolah yang berbasis seni,’pungkasnya.(aw)
.

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Kamis, 18 Apr 2024 22:04 WIB | TNI dan Polri
Wadan Puspenerbal Hadiri Safari Binkorps Pelaut 2024 ...
Kamis, 18 Apr 2024 16:41 WIB | Peristiwa
Sejumlah Non Governmental Organization (NGO) yang tergabung dalam Pusat Studi dan Avokasi Kebijaksanaan Publik (PUSAKA) mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan serta DPRD setempat segera membuat Peraturan Daerah (Perda) tempat hiburan malam ...
Kamis, 18 Apr 2024 15:07 WIB | Peristiwa
Pelepasan dan Perpisahan SMA Negeri 21 Medan Ajaran 2023/2024 ...