x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

UNDP Menghadirkan Siaran Televisi Global dengan Ramalan Cuaca

Avatar Redaksi
Redaksi
Senin, 25 Mar 2024 11:41 WIB
Ekbis dan Hiburan
DPRD-Pasuruan-Ramadhan

Penonton televisi global yang menyaksikan laporan cuaca lokal hari ini akan mendapat kejutan berupa ramalan cuaca khusus dari tahun 2050. Meskipun terdengar familiar, namun laporan cuaca yang dipandu oleh anak – anak ini akan berbeda dari biasanya. Para meteorolog cilik ini bergabung dengan kampanye terbaru dari United Nation Development Programme (UNDP), Weather Kids, yang bermitra dengan World Meteorological Organization (WMO) dan The Weather Channel, brand konsumen utama dari The Weather Company.

Kampanye ini juga turut didukung oleh selebritas internasional dan UNDP Goodwill Ambassadors, termasuk pemenang Oscar, aktris Malaysia Michelle Yeoh, aktris Amerika Connie Britton, dan aktor Denmark Nikolaj Coster-Waldau. Kampanye ini merupakan bagian dari upaya UNDP untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait dampak perubahan iklim dan memobilisasi masyarakat di seluruh dunia untuk mengambil tindakan iklim (climate action) yang dapat memberikan kontribusi berarti bagi generasi mendatang.

Saksikan ramalan cuaca tahun 2050 yang disampaikan oleh Weather Kids

Segmen ini memperingatkan penonton bahwa peningkatan suhu akan terus membawa lebih banyak dampak bencana terhadap perubahan iklim sebagaimana yang saat ini dialami oleh Masyarakat dan ekonomi global. Hal Ini termasuk dampak yang diproyeksikan pada 94% anak-anak di dunia, ancaman terhadap keamanan pangan, dan potensi peningkatan tagihan pajak bagi wajib pajak secara global yang mencapai triliunan Dolar AS.

"Semuanya sudah sangat parah. Sekolah tutup karena terlalu panas. Kebakaran hutan membakar seluruh kota. Dan banjir membuat segalanya basah dan tidak nyaman," ujar seorang pembawa acara cilik.

Ramalan cuaca ini diakhiri dengan harapan besar dari para anak-anak: "Ini bukan hanya laporan cuaca bagi kami. Ini adalah masa depan kami." Para penonton didorong untuk menandatangani petisi untuk bertindak dengan membuat keputusan keuangan yang sejalan dengan keberlanjutan dan mengedukasi diri terkait solusi iklim dan aksi iklim global. Video terbaru UNDP, Climate Action Explained, diceritakan oleh Nikolaj Coster-Waldau, yang melengkapi kampanye ini, menyoroti beberapa solusi konkret yang sudah terjadi.

"Weather Kids memberikan peringatan kepada kita akan bencana masa depan yang pasti akan terjadi jika kita tidak mengambil tindakan hari ini," kata Achim Steiner, UNDP Administrator. "Sikap abai terhadap perubahan iklim akan mengarah pada planet yang tidak nyaman untuk dihuni bagi 'anak-anak hari ini' dan generasi mendatang. Kita hanya bisa memperbaiki arah jika kita bergerak dengan cepat dan dengan skala besar saat ini. Itu termasuk mendekarbonisasi ekonomi kita dan memajukan akses energi bersih yang terjangkau bagi semua kalangan; melindungi dan memulihkan alam kita; dan memberdayakan masyarakat untuk menyuarakan komitmen iklim negara mereka."

Kampanye Weather Kids adalah bagian dari upaya UNDP untuk menginspirasi publik dan memobilisasi tindakan perubahan iklim dalam perjalanan menuju negosiasi iklim COP30 yang akan diselenggarakan di Brasil pada tahun 2025.

COP30 akan menandai ulang tahun kesepuluh dari Perjanjian Iklim Paris 2015 dan menjadi momen penting untuk membawa dunia pada tujuan yang sama yaitu membatasi kenaikan suhu global menjadi 1,5 derajat Celsius, seiring dengan pembaruan tindakan iklim dan tujuan setiap negara. Rencana-rencana ini dikenal sebagai ‘Nationally Determined Contributions' (NDCs), yang merupakan inti dari perjuangan global melawan perubahan iklim.

Weather Kids didukung oleh jaringan luas UNDP dalam bidang perubahan iklim dan tindakan iklim. Meskipun baru, UNDP Climate Hub memberikan portofolio dukungan terbesar dari Sistem Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) dalam tindakan iklim di hampir 150 negara. Inisiatif Climate Promise unggulan UNDP telah mendukung tindakan untuk mengatasi pemanasan global, bekerja sama dengan 85% dari negara-negara berkembang di dunia dalam pengajuan NDC mereka.

Dirancang menyerupai laporan cuaca yang setiap hari tayang di televisi, ramalan cuaca ini dikembangkan menggunakan data dari Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) dan platform data UNDP Human Climate Horizons

Weather Kids akan disiarkan pada saluran berita di lebih dari 80 negara di seluruh dunia. Jangkauan global ini dimungkinkan karena koalisi mitra yang luas, banyak di antaranya menyumbangkan waktu dan layanan mereka untuk tujuan bersama ini. Selain mitra inti kami World Meteorological Organization (WMO) dan The Weather Channel, brand konsumen utama dari The Weather Company, UNDP ingin berterima kasih kepada: Activista; Earth X; Pvblic Foundation, The Artery, ICCO – International Communications Consultancy Organization – dan SAWA, Global Cinema Advertising Association dan jaringan anggotanya. (ins)

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Jumat, 19 Apr 2024 13:08 WIB | Hukum dan Kriminal
Pasuruan - beritaplus.id | Abdul Wachid pemilik empat truk tangki diduga muatan BBM ilegal akui telah diperiksa beberapa kali oleh penyidik ...
Kamis, 18 Apr 2024 22:04 WIB | TNI dan Polri
Wadan Puspenerbal Hadiri Safari Binkorps Pelaut 2024 ...
Kamis, 18 Apr 2024 16:41 WIB | Peristiwa
Sejumlah Non Governmental Organization (NGO) yang tergabung dalam Pusat Studi dan Avokasi Kebijaksanaan Publik (PUSAKA) mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan serta DPRD setempat segera membuat Peraturan Daerah (Perda) tempat hiburan malam ...