x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Warga Smaga Ponorogo Berpakaian Adat Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Avatar Bayu
Bayu
Minggu, 02 Jun 2024 00:01 WIB
Peristiwa
beritaplus.id leaderboard

Ponorogo - beritaplus.id | SMA Negeri 3 Ponorogo (SMAGA) menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dengan penuh khidmad dan semangat kebangsaan Sabtu (1/6/2024).

Upacara yang berlangsung di halaman sekolah diikuti guru dan seluruh siswa kelas X dan XI dengan berpakaian batik dan seluruh guru berpakaian adat nusantara.

Bertindak selaku Inpsektur upacara Kepala Sekolah SMAN 3 Ponorogo Dr.Sasmito Pribadi, M.Pd yang menyampaikan bahwa peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas.”

Menurut Sasmito tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Saat membacakan pidato, Sasmito mengajak untuk bahu membahu membumikan nilai nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologI yang bekerja yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,”jelasnya.

Sebagai rasa cinta kita kepada tanah air dan bangsa sebagai bagian dari upaya menanamkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari. Anak anak memakai batik biar menuju ke arah kedewasaan baik pola pikirnya, karakter yang baik demi penguatan P5.

“Ini merupakan salah satu perwujudan kita sebagai pelajar dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang sudah terintegrasi di kurikulum merdeka yang kedua perwujudan kecintaan kita pada tanah air dan bangsa,”sebutnya.

Memperingati hari lahir Pancasila masih terintegrasi dengan pembentukan karakter dalam kurikulum merdeka yang terkenal dengan istilah P5. Projek penguatan profil pancasila.

"Sebagai bentuk edukasi proses pembelajaran implementasi dari P5 saat ini,”pungkasnya.(aw)

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Rabu, 12 Jun 2024 17:17 WIB | Peristiwa
Di Desa Punduttrate, Embung Digali dengan Excavator, Tanahnya Dijual untuk Material Urug ...
Rabu, 12 Jun 2024 14:31 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Sial, dialami KR, warga Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan keluarga terdakwa Narkoba mengaku sampai ...
Selasa, 11 Jun 2024 19:01 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Berkas perkara kasus pemotongan dana insentif dengan tersangka Akhmad Khasani, mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan ...