x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

Ribuan Pisang Meriahkan Kirab Gedang Sewu Surodikraman

Avatar Bayu
Bayu
Selasa, 04 Jun 2024 06:18 WIB
Peristiwa
beritaplus.id leaderboard

Ponorogo-beritaplus.id | Upaya melestarikan warisan budaya leluhur dan menunjukan rasa syukur masyarakat adat Surodikraman kecamatan Ponorogo menggelar kirab gedang sewu Minggu (2/6/2024) malam.

Kirab berlangsung meriah dibuka dan diberangkatkan oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko ditandai dengan penyabetan pecut Samandiman.

Antusias masyarakat sangat luar biasa menyaksikan ribuan pisang hasil bumi masyarakat setempat diarak dari jalan Kumbokarno, Ramawijaya, dan finish di kantor Kelurahan.

Selanjutnya gunungan gedang sewu diporak ramai ramai warga.

Iring iringan pembawa spanduk, manggala cucuk lampah, lampu dan padupan (kemenak), buceng kirab gedang sewu, bergada putri, bergada kelurahan Surodikraman, bergada kasepuhan, bergada pengiring, bergada karang taruna, bergada campursari dan pencak silat berjalan menuju balai kelurahan.

Bupati Sugiri memberikan apresiasi atas program pemerintah daerah yang sudah direalisasikan Kelurahan Surodikraman sebagai bentuk dukungan Pemkab Ponorogo atas tingginya nilai budaya di kelurahan Surodikraman.

Bupati berharap kirab gedang sewu tahun kedua ini bisa menjadi kalender off even.

“Acara yang adiluhung dengan do’a warga kelurahan Surodikraman diberi sehat, rukun, masa depan cerah,”ujar Bupati.

Di tempat yang sama, Lurah Surodikraman Supatmi mengaku senang dengan kirab gedang sewu berjalan lancar tertib.

“Alhamdulilah dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sukses dan lancarnya kirab gedang sewu Kelurahan Surodikraman malam ini,”ucapnya.

Menurut Supadmi, kegiatan kirab gedang sewu ini sudah berjalan selama 2 tahun. Jadi tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur atas kelimpahan rejeki warga Kelurahan Surodikraman.

“Kami berharap kirab gedang sewu ini akan menjadi daya tarik wisata baru bagi kabupaten Ponorogo,”sebutnya.

Masih kata Supadmi, kirab gedang sewu akan menjadi even tahunan dan berharap ke depan lebih meriah lagi. “Dengan semangat leluhur Surodikraman kita tingkatkan untuk Ponorogo hebat,”tuturnya.

Sementara ketua panitia Heru Trimawan mengatakan, dengan bersih desa ini diharapkan warga dan masyarakat Kelurahan Surodikraman menemukan ketentraman, kebahagiaan, guyup rukun, aman dan sejahtera.

“Kirab gedang sewu mulai dari babat tanah Surodikraman menuju kantor kelurahan Surodikraman yang merupakan pembuka lahan pertama di wilayah Surodikraman yakni Eyang Surodikromo disusul Eyang Mojo.”jelasnya..

Narso tokoh Pakansa menjelaskan makna gedang setangkep yaitu perwujudan doa dan harapan dari semua masyarakat kelurahan
Surodikraman kepada pendiri perintis tokoh tetua, kyai santri, dan seluruh warga kelurahan Surodikraman dan semua yang sudah pulang ke jaman keabadian.

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Kamis, 13 Jun 2024 08:31 WIB | Peristiwa
Kementerian ATR/BPN bersama mitra kerja Komisi II DPR-RI kembali melaksanakan Sosialisasi Program Strategis Nasional Kementerian ATR/BPN di tahun ...
Kamis, 13 Jun 2024 08:19 WIB | Peristiwa
Pasuruan - beritaplus.id | Sampai saat ini, DPC PKB Kabupaten Pasuruan masih memilih dan mendukung KH. Abdul Mujib Imron sebagai Calon Bupati (Cabup) ...
Kamis, 13 Jun 2024 08:17 WIB | Peristiwa
Jombang - beritaplus.id | Program jaminan sosial di Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno untuk tahun anggaran 2024 telah mulai direalisasikan. Sebagai ...