SIDOARJO, BeritaPlus.id - Hampir sebulan ini, air yang didistribusikan oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Delta Surya keruh. Sebagian pelanggan PDAM Delta Tirta mengeluh tentang kualitas air yang warnanya kecoklatan.
Yan Baskoro, salah satu pelanggan PDAM Delta Tirta mengungkapkan, air yang keluar dari kran saluran PDAM miliknya sangat keruh. Untuk mandi saja was-was dan takut mengalami gatal-gatal, apalagi cuci pakaian dan alat dapur. Selain airnya kotor, masalah lain ialah tentang debit air yang kecil.
"PDAM Sidoarjo parah. Tidak dijelaskan ke pelanggan penyebab keruhnya air yang dialirkan. Harusnya diumumkan penyebabnya apa dan upayanya apa. Supaya pelanggan tidak tanya-tanya seperti ini. Sampai kapan ya masalah air mati, air kotor dari PDAM Sidoarjo terselesaikan?"ungkap Yan, warga Sukoasri, disampaikan pada Minggu (12/1/2025).
Ungkapan kritik terhadap layanan PDAM Sidoarjo juga diungkap Eri Wahyudi, warga Desa Kedungturi. Dia tidak habis pikir dengan buruknya layanan PDAM Sidoarjo. Dia menyarankan, jika air PDAM Sidoarjo keruh dan tidak bisa dipakai untuk cuci atau mandi, alangkah baiknya pihak PDAM Sidoarjo menyalurkan air bersih ke warga pelanggan terdampak dengan menggunakan tangki.
"Terdampak tidak cuma wilayah perumahan, di perkampungan juga keruh. Mohon solusinya PDAM. Jika ada saluran atau perbaikan, upayakan semaksimal mungkin. Karena bukan sehari dua hari ini air PDAM Sidoarjo keruh. Hampir sebulan," ujarnya.
Pihak PDAM Delta Tirta Sidoarjo melalui pengumuman resminya menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggannya.
"Terjadi kerusakan pompa distribusi Booster Waru 2 yang menyebabkan pendistribusian air kepada pelanggan yang teraliri dari Booster Waru 2 mengecil hingga tidak keluar. Saat ini masih dalam proses perbaikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," demikian pengumuman resmi dari PDAM Delta Tirta disampaikan pada Kamis, 2 Januari 2025. (*)
Editor : Redaksi