Baosan kidul Desa terpencil dengan 10 sekolah formal

Redaksi 7126 Kali Dilihat 0 Komentar

Baosan kidul Desa terpencil dengan 10 sekolah formal

Sarjito. S. Pd.I kepala sekolah MTs. Al Kautsar Ngrayun Ponorogo

Ponorogo-beritaplus.id | Baosan Kidul adalah Desa terpencil di atas perbukitan yang berbatasan langsung dengan kabupaten pacitan. Secara administrasi berada di Kecamatan Ngrayun. Kabupaten ponorogo.

Walau berada di wilayah paling ujung selatan ponorogo, namun untuk hal pendidikan tampak begitu lengkap. Ada 10 sekolah dari tingkat dasar hingga sekolah menengah atas di desa dengan jumlah penduduk lebih dari 7.000 jiwa ini.

Menurut Sarjito. S. Pd.I, seorang pemuda pemerhati pendidikan yang juga kepala Mts. AL Kautsar menilai bahwa pendidikan di desa Baosan Kidul sudah sangat berkembang.

" 15 tahun terakhir ini pendidikan di daerah terpencil, khususnya seperti di desa Baosan Kidul ini sudah bisa kita katakan sangat berkembang, saya katakan demikian karena sekarang banyaknya anak yg lulus SMA bahkan Perguruan tinggi" Jelas Sarjito melalui WA, minggu (14 juni 2020).

IMG-20200615-WA0000

"Sebelum tahun 2000 banyak anak hanya lulus SD. Hal itu karena dulu untuk melanjutkan sekolah harus ke kota dan tentu biayanya tidak murah. Berbeda sekarang, di desa ini sudah ada 5 SD negri, 3 SLTP dan 2 SMA sederajat, baik negri maupun swasta. Bisa di katakan, di kecamatan ngrayun desa Baosan Kidul inilah yang paling banyak sekolahnya" lanjutnya.

Terkait kendala yang di hadapi menurut sarjito adalah banyaknya siswa yang kerap terlambat masuk sekolah karena keadaan jalan sebagai Akses ke sekolah yang rusak dan bila musim penghujan sangat licin.

"Secara umum kendala di di sini adalah jalan menuju sekolah, hal ini menyebabkan sering kali siswa siswi terlambat masuk sekolah. Demikian juga para pengajar yang dari luar desa kerap mengeluhkan keadaan jalan di sini. semoga kendala ini segera teratasi dan di perhatikan pemerintah" imbuhnya Sarjito berharap kedepan pendidikan di semua desa terpencil lebih maju dan jalan sebagai akses ke sekolah segera di bangun, sehingga desa - desa terpencil seperti Baosan kidul ini mampu menyiapkan SDM terdidik demi percepatan pembangunan negri. (Suci/Dzul)

Tinggalkan Komentar